Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas produk, Gaya Hidup dan Content Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Punkalan Coffee Purwokerto
Keywords:
Keputusan Pembelian, Store Atmosphere, Kualitas Produk, Gaya Hidup, Content MarketingAbstract
Pertumbuhan bisnis coffee shop yang pesat di Purwokerto menyebabkan persaingan semakin ketat, sehingga pelaku usaha perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere, kualitas produk, gaya hidup, dan content marketing terhadap keputusan pembelian di Punkalan Coffee Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 110 responden yang merupakan konsumen Punkalan Coffee. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan kriteria konsumen yang pernah melakukan pembelian minimal dalam 3 bulan terakhir. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel independen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, variabel store atmosphere, kualitas produk, gaya hidup dan content marketing berpengaruh positif dan signifikan. Implementasi strategi yang tepat pada aspek store atmosphere, penyajian produk berkualitas, gaya hidup konsumen dan pemasaran konten digital terbukti dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Hasil ini mendukung teori Service Dominant Logic dan Theory of Planned Behavior yang menekankan pentingnya nilai pengalaman dan niat perilaku dalam keputusan konsumen. Kesimpulannya, pelaku usaha coffee shop disarankan untuk memprioritaskan desain ruang yang nyaman, inovasi produk yang berkelanjutan, penawaran produk yang relevan dengan tren serta konten pemasaran digital yang menarik untuk meningkatkan daya tarik dan keputusan pembelian konsumen.
References
Arianti, A., Wulandari, S., Harga, Pengaruh, Hidup, G., Pembelian, K., Coffee, D. B., & Medan, R. C. (2022). Pengaruh Harga, Store Atmsophere dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian di Benu Coffee and Roastery Cabang Medan. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, IX(2), 2715–8594.
Debika Amalia, C. (2020). Pengaruh Content Marketing Di Instagram Stories @Lcheesefactory Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(1), 1–11.
Erianto, R. A., & Mashariono. (2018). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, Harga daan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Furore Coffee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(5), 1–18.
Gunawan, A. S., & Hidayat, W. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Huawei. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 1–7
Harahap, R. I., Pitriyani, & Harahap, N. J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere, Lokasi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Ayos Coffee Shop Rantauprapat. Jurnal Ekonomi Integra, 13(2), 328–337. http://journal.stieip.ac.id/index.php/iga
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32.
Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2 Jakarta: PT. Indeks
Laksono, D. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Helm KBC. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 155–164.
Pratiwi, N. M. I., & Yasa, N. N. K. (2019). The Effect Of Store Atmosphere, Social Media Marketing, and Lifestyle On Purchase Decisions On Consumers Of The Alleyway Cafe. European Jpurnal of Management and Marketing, 4(4), 2654–2657. https://doi.org/10.5281/zenodo.3592913
Priambodo, E. S., & Widajanto, M. B. (2023). Pengaruh Harga, Store Atmosphere, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop Saat Kopi di Surabaya. Management&Accounting Research Journal Global, 07(02), 21–31.
Sahbiah, S., Fanggidae, A. H. J., Dhae, Y. K. I. I. D., & Foenay, C. C. (2024). Pengaruh Influencer dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Cafe Kopi Kembo. Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial.
Septiani, C., & Syaifullah. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Varian Produk dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hear Coffee Batam. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansi, 11(1), 80–88
Sudiarta, K. C. A. P., & Putra, K. E. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Kopi Lingsir Bangli. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(3), 7660–7669
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Tedy, S., & Sitinjak, T. (2024). Pengaruh Content Marketing dan Online Customer Review pada Media Instagram terhadap Keputusan Pembelian di Krav.ery. Global Research on Economy, Business, Communication, and Information, 1(2), 77–86. https://doi.org/10.46806/grebuci.v1i2.1126


