IMPLEMENTASI STRATEGI LINGKUNGAN DALAM MENURUNKAN JEJAK KARBON DI KG MEDIA
Abstract
Krisis iklim global telah mendorong sektor bisnis ikut berpartisipasi melakukan mitigasi, termasuk di industri media. Sektor industri yang berkaitan dengan informasi publik itu juga mengambil peran menurunkan emisi karbon. Penelitian ini mengkaji bagaimana media seperti Kompas Gramedia (KG Media) yang merupakan salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia ikut menerapkan strategi lingkungan untuk mengurangi jejak karbon dalam operasional bisnisnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali pengalaman, tantangan, serta efektivitas dari strategi lingkungan yang dijalankan oleh unit-unit bisnis di KG Media seperti Kompas.com, Tribunnews, Kontan, dan Grid Network. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa KG Media telah mengintegrasikan strategi lingkungan dalam tiga pilar keberlanjutan. Pertama pilar literasi, kemudian pilar aksi, dan ketiga pilar kolaborasi. Langkah konkret yang dilakukan diantaranya adalah efisiensi energi, pengurangan emisi karbon berbasis Scope 1 dan 2, serta keterlibatan membangun kesadaran Bersama dengan membentuk konsorsium environment, social and governance (ESG) regional. Temuan mengindikasikan bahwa strategi yang diterapkan KG Media bersifat adaptif yang menggabungkan pendekatan yang direncanakan dan yang juga ada yang muncul secara organik dari bawah ke atas. Namun, implementasi masih menghadapi kendala seperti keterbatasan sumber daya, budaya organisasi yang belum sepenuhnya hijau, serta kebutuhan untuk standardisasi pelaporan emisi. Penelitian ini berkontribusi mengisi celah dalam kajian strategi lingkungan di industri media, serta memberikan rekomendasi penguatan kebijakan internal berbasis prinsip Triple Bottom Line dan model perubahan strategi organisasi.
References
Barrow, C.J. (2006). Environmental Management for Sustainable Development Second Edition. New York: Routledge.
Carrol,Archie B, Brown, Buchholtz (2016). Business & Society, Ethics, Sustainability & Stakeholder Management Tenth Edition, Cengage Learning, Boston, Amerika Serikat.
Creswell John W (2018). Qualitative Inquiry & Research Design, Choosing Among Five Approaches, Sage Publications, London.
Craih, Geoffrey. (2019). Media, Sustainability and Everyday Life. Palgrave Studies in Media and Environmental Communication. Auckland, New Zealand.
Creswell J. W (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Metohds Approaches Sixth Edition. Sage Publications, London, United Kingdom.
Elkington, J (1997). Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business, Oxford, United Kingdom.
Hill, C. W. L., & Jones, G. R. (2012). Strategic management: An integrated approach (10th ed.). Cengage Learning, Mason, Amerika Serikat
Kääpä P, 2018. Environmental Management of The Media Policy, Industry, Practice, Routledge, New York, Amerika Serikat (AS).
Keraf, Y. S. (2010). Manajemen Lingkungan. Penerbit Kompas. Jakarta
Mintzberg, H, (1998). Strategy Safary; A Guide Tourthrough the Wild of Strategic Management. The Free Press, New York.
Porter, Michael, Claas van der Linde (1995). Green and Competitive: Ending the Stalemate. Harvard Business Review, Massachusetts.
Porter, Michael, (2012). Competitive Strategy:Techniques for AnalyzingIndustries and Competitors. New Jersey: Prence-. Hall, Inc, New York.
Stead, J, G and Stead E, W (2017). Sustainable Strategic Management, Second Edition, Routledge, New York.
Tracy, S,J (2013). Qualitative Research Methods, Collecting Evidence, Crafting Analysis, Communicating Impact First Edition. West Sussex: Wiley-Blackwell.
Weder, Franzisca, Lars Radenmacher, Rene Schmidpeter (2023). CSR Sustainability, Etics & Governance. Springer Nature Switzerland AG. Gewerbestrasse, Switzerland
Wiedmann, T., & Minx, J. (2008). A Definition of ‘Carbon Footprint’. Ecological Economics Research Trends. ISAUK Research & Consulting, United Kingdom.


