Pengaruh Celebrity Endorser dan Content Marketing terhadap Purchase Intention pada Media Sosial

Authors

  • Shinta Nur Agustina Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Diah Ayu Wibowo Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Catharina Aprilia Hellyani Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung

Keywords:

Celebrity Endorser, Content Marketing, Purchase Intention

Abstract

Di era digital saat ini, media sosial menjadi salah satu platform pemasaran digital yang banyak digunakan sebagai media promosi. Tidak sedikit para pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan mereka. Instagram dan TikTok merupakan bagian dari media sosial yang sedang trend saat ini, dimana kedua media tersebut memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mempromosikan suatu produk. celebrity endorser dan juga content marketing menjadi sebuah penunjang dalam meningkatkan keputusan pembelian pada Instagram dan Tiktok. Dengan adanya celebrity endorser yang terkenal dan content marketing yang kreatif, dapat meningkatkan keputusan pembelian pada suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh celebrity endorser dan content marketing terhadap niat pembelian pada media sosial. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literasi pada beberapa penelitian terdahulu dan artikel ilmiah yang meneliti variabel yang sama pada platform media sosial. Hasil analisis literasi menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari variabel celebrity endorser dan content marketing terhadap niat pembelian produk dengan kontribusi yang berbeda pada tiap faktornya. Pentingnya strategi pemasaran yang terintegrasi dan optimalisasi media sosial, dimana kombinasi celebrity endorser dan content marketing secara efektif mampu mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi praktisi pemasaran sehingga dapat memanfaatkan celebrity endorser dan content marketing untuk meningkatkan kinerja kampanye pemasaran di media sosial yang pada gilirannya dapat meningkatkan penjualan produk dan loyalitas konsumen.

References

Annur, C. M. (2023, September 20). Pengguna internet di Indonesia tembus 213 juta orang hingga awal 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023

Faradita, T. (2023). Pengaruh celebrity endorser, content marketing, dan product quality terhadap keputusan pembelian produk Skintific. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 89–102.

Firlyana, F. (2023, Mei 13). Digital marketing: Definisi, tujuan, jenis, strategi dan peluang karir. DailySocial. https://dailysocial.id/post/digital-marketing-adalah

Izza. (2023, Oktober 20). Media sosial untuk bisnis: Pengertian, manfaat, dan tips penggunaannya. Bigevo. https://bigevo.com/blog/detail/media-social-untuk-bisnis

Wibisana, L. I., Miswanto, & Gusmao, M. S. (2024). Improving purchase intention through celebrity endorsement, social media advertising, and customer experience with brand image as a moderation. International Journal of Business and Applied Economics (IJBAE), 335–354.

Wijayanti, T., Savitri, C., & Faddila, S. P. (2024). The influence of content marketing Instagram and celebrity endorsement on consumer purchase intention Bittersweet by Najla (Study on Instagram followers Bittersweet by Najla). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 103–114.

Downloads

Published

2024-09-10