Penerapan Reward Berhubungan dengan Kinerja Karyawan pada CV Makmur Kurnia Kasih Motor

Authors

  • Danny Wahyudi Wibisono Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Erick Setiawan Kartika Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Hartomy Akbar Basory Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung

Keywords:

Reward, Kinerja Karyawan, Sumber Daya Manusia, studi literatur, kualitatif

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh reward terhadap kinerja karyawan di objek studi, yaitu CV Multi Kurnia Kasih (MKK) Motor. Studi ini menggunakan metode studi literatur yaitu pendekatan studi yang melibatkan pengumpulan, analisis, dan sintesis informasi dari berbagai sumber tertulis yang relevan dengan topik studi dan wawancara untuk mengumpulkan data yang relevan, dan didukung juga dengan Studi kualitatif dengan pendekatan studi yang berfokus pada pemahaman fenomena sosial dan budaya dari perspektif partisipan. Metode ini mengumpulkan data non-numerik seperti wawancara, observasi, dan analisis teks untuk menggali makna, pengalaman, dan pandangan individu atau kelompok. Studi kualitatif bertujuan untuk menghasilkan wawasan mendalam dan kompleks tentang topik yang diteliti, sering kali melalui analisis tematik atau naratif. Permasalahan yang terjadi pada objek studi ialah penerapan reward yang kurang optimal dan kinerja karyawan yang kurang maksimal. Hasil studi menunjukkan bahwa penerapan sistem reward yang efektif dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan signifikan. Namun, reward harus diimbangi dengan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang komprehensif, meliputi pelatihan, lingkungan kerja yang baik, dan gaya kepemimpinan yang inspiratif. Temuan ini sejalan dengan pandangan beberapa ahli yang menyatakan bahwa reward dan manajemen SDM yang baik dapat mendorong peningkatan kinerja karyawan secara keseluruhan. Studi ini menyimpulkan bahwa penerapan reward yang tepat, didukung oleh manajemen SDM yang efektif, merupakan strategi penting dalam meningkatkan kinerja karyawan di MKK Motor.

References

Almaududi, S. (2021). Pengaruh intensif terhadap kinerja karyawan pada Hotel Mexicana. Jurnal Manajemen dan Sains, 6(1), 96-102. http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v6i1

Indah, P.P.A.P. (2019). Pengaruh sistem penghargaan (reward) terhadap kinerja trainee di Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 2(1). https://doi.org/10.23887/jmpp.v2i1.22087

Juhanes, J. (2023). Pengaruh lingkungan kerja, reward, dan punishment terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(6), 27-41. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i6.5127

Seng, H. (2020). Investigasi teknik wawancara dalam penelitian kualitatif manajemen konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(03), 284-293. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10

Sihombing, R. (2024). Urgensi pendidikan kewarganegaraan dan Pancasila dalam semangat nasionalisme generasi muda di era milenial. Jurnal Bisnis Teknologi dan Inovasi, 11(1). https://doi.org/10.36706/jbti.v11i1.18

Tauwi, T. (2023). Pengaruh kompensasi, reward, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pabrik pengelolaan kelapa sawit PT Tani Prima Makmur. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 11(3), 67-78. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i2.19

Downloads

Published

2024-09-10