Pengaruh Kualitas Layanan Digital Banking terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Indonesia

Authors

  • Sindy Setiawan Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Azarya Dicky Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Catharina Aprilia Hellyani Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung

Keywords:

Realibity, Efficiency, Accessibility

Abstract

Layanan digital banking adalah salah satu cara dan inovasi yang dilakukan oleh bank untuk memberikan kepuasan kepada nasabahnya. Dengan perkembangan pesat industri keuangan, tidak semua orang bisa dengan mudah mengakses layanan keuangan yang mereka butuhkan. Sumber pendapatan bank dapat berasal dari margin bunga, fee-based income, dan lain-lain. Kondisi perekonomian yang tidak stabil dan penuh resiko pastinya akan berdampak besar bagi perbankan. Selain itu, perkembangan teknologi yang pesat memicu perubahan bisnis karena inovasi teknologi terus berkembang. Peningkatan layanan perbankan digital menjadi alternatif utama yang bisa dilakukan Perbankan di Indonesia untuk tetap bertahan di Tengah persaingan di industri perbankan. Penerapan layanan perbankan digital seperti mobile banking, QRIS, internet banking menjadi nilai tambah bagi produk perbankan dan menjadi salah satu faktor pendukung terciptanya kepuasan nasabah perbankan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi literatur pada beberapa jurnal penelitian dan artikel yang berfokus pada pengaruh perkembangan layanan digital banking terhadap kepuasan nasabah pada perbankan di Indonesia. Penelitian ini memberikan kajian yang mendalam mengenai dampak perkembangan layanan digital banking yang banyak berkembang saat ini terhadap terbentuknya kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah terbentuk dari adanya kemampuan perbankan untuk memenuhi kebutuhan dan persepsi nasabah akan layanan dan produk yang ditawarkan.

References

Adela, M. (2020). Pengaruh Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank BNI Syariah KCP Rajabasa) Persaingan.

Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73

Badan Pusat Statistik. (2024). Jumlah Bank dan Kantor Bank (Unit). https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/OTM3IzI=/jumlah-bank-dan-kantor-bank--unit-.html

Bank Indonesia. (2021). Jumlah Uang Elektronik Beredar. https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomikeuangan/ssp/_layouts/15/download.aspx?SourceUrl=https://www.bi.go.id%0A/id/statistik/ekonomikeuangan/ssp/Lists/Uang Elektronik Jumlah Beredar/Attachme%0Ants/13/Jumlah-Uang-Elektronik-Beredar-2021.xls%0D

Candy, M., & Batubara, A. (2022). Analisis Pengaruh Layanan Digital Terhadap Minat Generasi Z Dalam Menggunakan Produk Perbankan Syariah. 7(30), 706–725.

Masitoh, N., Rosidah, E., Kurniawati, A., & Siliwangi, U. (2023). Pengaruh Layanan Digital Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang Tasikmalaya. 4(Februari), 11–16.

Mbama, C. I., & Ezepue, P. O. (2018). Digital Banking, Customer Experience and Bank Financial Performance. International Journal of Bank Marketing, 36(2), 230–255. https://doi.org/10.1108/IJBM-11-2016-0181

Melis. (2016). Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Palembang. 2, 39–48.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nugraha, M. A., & Noni, Y. (2024). Analisis Implementasi Digital Banking Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI). 1(3).

Otorisasi Jasa Keuangan. (2016). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan. www.ojk.go.id

Susilawaty, L., Nicola, N., Mulia, U. B., Lodan, J., No, R., & Utara, J. (2020). Pengaruh Layanan Perbankan Digital Pada Kepuasan Nasabah Perbankan. 19, 179–190.

Downloads

Published

2024-09-10