Peran Servis Perbaikan dalam Peningkatan Layanan Purna Jual
Keywords:
Servis Perbaikan, Layanan Purna Jual, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan layanan purna jual memainkan peran penting dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Permasalahan yang ditemukan pada penelitian ini adalah banyaknya perusahaan yang menghadapi tantangan dalam memastikan bahwa layanan purna jual, khususnya layanan servis perbaikan, dapat memberikan kepuasan maksimal kepada pelanggan dan pada akhirnya meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi seberapa pentingnya peran servis perbaikan dalam meningkatkan layanan purna jual. Metode penelitian yang digunakan pada jurnal ini adalah metode studi literatur dengan data yang dikumpulkan melalui berbagai kajian berbagai literatur dan penelitian terdahulu yang berkaitan dengan topik pengaruh servis perbaikan dalam layanan purna jual. Hasil penelitian yang diperoleh adalah servis perbaikan yang berkualitas dapat secara signifikan meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas merek. Beberapa elemen kunci yang mempengaruhi efektivitas layanan purna jual dalam layanan servis perbaikan termasuk garansi, penyediaan suku cadang, pelayanan pemeliharaan berkala, kebersihan fasilitas umum, dan tanggung jawab perusahaan terhadap kerusakan pasca-servis. Kesimpulan bagi obyek penelitian dari tim penulis antara lain bahwa pengelolaan yang efektif dalam layanan purna jual sangat penting untuk mencapai keunggulan kompetitif di pasar. Hasil implementasi yang bisa disarankan kepada perusahaan antara lain memberikan panduan perawatan produk, menyediakan layanan servis datang ke tempat, dan meningkatkan kualitas teknisi dengan mengadakan pelatihan tambahan.
References
Ahrasy, M. A., Handoko, F., & Indriani, S. (2023). Peningkatan kualitas pelayanan dengan metode Service Quality dan Importance Performance Analysis Motor Sidoarjo. Eprints ITN. https://eprints.itn.ac.id/11838/1/Jurnal%20Skripsi.pdf
Fauziyah, A. N., & Tjahjaningsih, E. (2021). Membangun kepuasan pelanggan Indihome Telkom Witel Kudus dengan meningkatkan persepsi harga, layanan purna jual, dan promosi. Proceeding SENDI_U, 238–246. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8602
Hasibuan, A. M. (2019). Analisis peningkatan kualitas pelayanan bengkel motor dengan pendekatan metode Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/13902/Alfian%20Maulana%20Hasibuan_11522457.pdf?sequence=1
Kementerian Perdagangan. (2009). Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 20/M-DAG/PER/5/2009 tentang ketentuan dan tata cara pengawasan barang dan/atau jasa. https://peraturan.bpk.go.id/Details/134421/permendag-no-20m-dagper52009-tahun-2009
Kurniawan, A. (2022). Pengaruh after sales service terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. LITERATUS, 4(1), 301–310. https://doi.org/10.37010/lit.v4i1.780
Satyawati, N. M. D. A., & Nellyaningsih. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan reparasi AC terhadap kepuasan pelanggan di PT Rigia Airconditioning Cabang Soekarno Hatta Bandung Tahun 2019. E-Proceeding of Applied Science, 5. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/10167
Sularso, B. (2022). Pengaruh layanan purna jual terhadap kepuasan pelanggan pada CV Rolya Motor di Bandar Lampung. http://digilib.unila.ac.id/63665/3/1.Skripsi%20tanpa%20pembahasan.pdf
Yulianti, A. (2018). Pengaruh kualitas produk dan after sales service terhadap kepuasan dan dampaknya pada loyalitas konsumen PT. Frismed Hoslab Indonesia. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(7), 173-180. Retrieved from https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/521.