Penerapan Customer Relationship Management Berbasis Website untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan CV Berkat Melimpah Sejati

Authors

  • Joyline Marcella Wiyatno Program Studi Manajemen Bisnis Universitas Ma Chung
  • Santi Widyaningrum Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung

Keywords:

Customer Relationship Management, website, kepuasan pelanggan, studi literatur, kualitatif

Abstract

Pada era digital yang berkembang pesat, implementasi Customer Relationship Management (CRM) terhadap bisnis dapat diterapkan melalui situs website. Supaya memenuhi kebutuhan pelanggan, website berfungsi sebagai layanan pelanggan yang dikemas dalam bentuk jawaban atas pertanyaan pelanggan, fasilitas pencarian dan perbandingan produk, informasi teknis, dan kemampuan pelanggan untuk melacak status pesanan mereka secara online, dan memesan produk secara individual sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan. Salah satu masalah dengan CV Berkat Melimpah Sejati adalah informasi produk yang tidak lengkap. Pelanggan kesulitan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk karena perusahaan tidak memiliki website yang berhubungan dengan produk tersebut. Metode yang digunakan adalah review literature dengan didukung oleh penelitian kualitatif melalui wawancara. Berdasarkan hasil wawancara dan studi literatur dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan Customer Relationship Management berbasis website sangat membantu pelanggan untuk berkomunikasi dengan CV Berkat Melimpah Sejati dan mempermudah pelanggan untuk mengetahui informasi tentang perusahaan dan produk yang dijual. Responden dalam penelitian ini adalah enam mitra bisnis perusahaan dari kota Malang, Surabaya, Mojokerto, Gresik, Tulungagung, Kediri. Tujuan penelitian pada artikel ini yaitu untuk mengetahui seberapa efektif penerapan Customer Relationship Management berbasis website pada CV Berkat Melimpah Sejati untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Hasil penelitian pada artikel ini menyatakan bahwa perusahaan mampu menerapkan Customer Relationship Management berbasis website dengan baik karena mampu memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Kesimpulan yang diperoleh CV Berkat Melimpah Sejati setelah penelitian dilakukan adalah dapat membangun hubungan yang dekat dengan pelanggan sehingga mampu mempertahankan loyalitas dan kepuasan pelanggan. Manfaat yang diperoleh perusahaan adalah dapat mendukung terjadinya hubungan dalam jangka panjang dengan pelanggan.

References

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022, Februari 22). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan (Literature review management pemasaran). Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 211-224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Indasari, N., Asria, S., Razak, M. F., & Hs, N. (2023). Penerapan customer relationship management (CRM) pada sistem informasi penjualan bucket berbasis web di Toko Hadinafa Gallery. Prosiding SISFOTEK, 7(1), 144-153. https://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/388

Lubis, A., Dalimunthe, R., Absah, Y., & Fawzeea, B. K. (2020). The influence of customer relationship management (CRM) indicators on customer loyalty of sharia based banking system. Management and Marketing Review, 5(1), 84-92. https://doi.org/10.35609/jmmr.2020.5.1(8)

Maulana, Y., Vidila Rosalina, M., & Siswanto, M. (2023, Maret). Implementasi customer relationship management berbasis web pada toko usaha digital printing. ProTekInfo, 10(1), 22-28. https://doi.org/10.30656/protekinfo.v10i1.6546

Muslim, E., Shabrina, G., & Prianda, I. (2019, Maret). Analisis strategi peningkatan loyalitas customer B2B e-commerce, studi kasus: GMF Aerotrade di PT. GMF Aeroasia. MATRIK, 19(2), 37-46. https://doi.org/10.30587/matrik.v19i2.729

Oktophilus, M. (2022). Customer relationship management, sebuah bentuk komunikasi perusahaan untuk menjaga kelestarian pelanggan. Applied Business and Administration, 1(2), 45-55. https://doi.org/10.62201/abaj.v1i2.13

Syahputro, S. B., Chairunnisya, T., Apriyanti, F., Akbar, J., & Marpaung, H. (2023, November 2). Penerapan customer relationship management (CRM) upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(2), 147-151.

Walenta, A. S., Kuswinardi, J. W., Wardani, A. N., Efendi, B., & Zulfikhar, R. (2023). Aplikasi manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management CRM) dalam era digital: Analisis literatur tentang keuntungan dan implementasi. Pendidikan Tambusai, 7(3), 22008-22013. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9819

Downloads

Published

2024-09-10