Pengaruh Pangsa Pasar melalui Peningkatan Label dan Kemasan Produk

Authors

  • Geraldo Harold Sutrisna Program studi Manajemen Universitas MaChung
  • Richard Wibisono Permadi Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Santi Widyaningrum Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Liem Gai Sin Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung

Keywords:

pangsa pasar, label produk, kemasan produk, strategi pemasaran, nilai konsumen

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak perubahan desain label dan kemasan produk terhadap persepsi konsumen dan pangsa pasar perusahaan. Di tengah persaingan global yang ketat, perusahaan dihadapkan pada tantangan untuk tidak hanya menawarkan produk berkualitas, tetapi juga mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Label dan kemasan produk, yang sering dianggap sebagai elemen sekunder, ternyata memainkan peran krusial dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini mengidentifikasi masalah utama yaitu kurangnya pemahaman perusahaan mengenai pengaruh signifikan desain label dan kemasan terhadap persepsi nilai produk. Banyak perusahaan menghadapi kesulitan dalam menciptakan desain yang tidak hanya menarik tetapi juga mencerminkan nilai produk dengan jelas. Selain itu, perusahaan sering kali enggan melakukan investasi dalam desain label dan kemasan yang dianggap sebagai biaya tambahan tanpa hasil yang pasti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan yang strategis dan tepat pada label dan kemasan dapat secara signifikan meningkatkan persepsi nilai produk oleh konsumen, yang berdampak positif pada pangsa pasar perusahaan. Implikasi temuan ini adalah pentingnya strategi desain yang terfokus pada memenuhi preferensi dan ekspektasi konsumen dalam upaya meningkatkan daya saing dan pangsa pasar produk. Penelitian ini memberikan pandangan yang mendalam tentang bagaimana elemen-elemen desain seperti label dan kemasan dapat menjadi kunci dalam mencapai keunggulan kompetitif di pasar yang semakin kompleks dan beragam.

References

Egha, H., Widiastomo, H., & Achsa, A. (2021). Strategi pemasaran terhadap tingkat penjualan. Kinerja, 18(1), 15–23.

Harli, I. I., Mutasowifin, A., & Andrianto, M. S. (2021). Pengaruh Online Consumer Review dan Rating terhadap Minat Beli Produk Kesehatan pada E-Marketplace Shopee Selama Masa Pandemi COVID-19. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 558–572. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.205

Khusna, S. W., Alifiyah, F., Fisabilillah, N., Iskandar, M., & Falakh, I. (2023). Peningkatan Nilai Jual Produk Melalui Labeling Kemasan Pada Produk Umkm Desa Lenggerong. Prosiding Kampelnas, 2(1), 293–303. https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php /kampelmas/article/download/653/581/1186

Maimunah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542

Putri, V. A., Sadeli, A. H., Pardian, P., & Noor, T. I. (2020). Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Minat Ewom Sayuran Organik Di Warung Sehat 1000 Kebun. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(2), 554. https://doi.org/10.25157/ma.v6i2.3268

Siburian, R. M., Sipayung, L., Hutabarat, M., & Chandra, A. (2022). Kemasan dan Desain Label Produk Bagi UMKM di Kecamatan Medan Kota. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 32–40. https://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/ pundimaswid/article/view/110%0Ahttps://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/pundimaswid/article/download/110/70

Sri Mayasari, W. D. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Ayam Goreng Kalasan Cabang Iskandar Muda Medan. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 215–224.

Yuliani, R. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan Dan Label Pada Umkm. Jurnal Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71–76. https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/KUAT/article/download/990/539

Downloads

Published

2024-09-10