Analisis Mikro Influencer dan Makro Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Kulit

Authors

  • Raditya Maharani Kharen Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Veronica Pratama Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Catharina Aprilia Hellyani Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung

Keywords:

Macro Influencer, Micro Influencer, Keputusan Pembelian, Perawatan Kulit

Abstract

Influencer telah menjadi strategi pemasaran yang sangat populer dan efektif pada era teknologi yang semakin canggih ini, terutama perannya di industri kecantikan. Dengan persaingan pasar kecantikan yang semakin ketat, hal ini mendorong perusahaan kecantikan untuk terus berinovasi dalam menarik konsumen. Konsumen semakin mempercayai kredibilitas influencer, baik makro influencer maupun mikro influencer dalam mempromosikan produk perawatan kulit. Di tengah maraknya strategi tersebut, kredibilitas influencer, baik makro influencer maupun mikro influencer, dalam mempromosikan produk perwatan kulit semakin diakui masyarakat khususnya untuk mempertimbangkan keputusan pembelian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh makro influencer dan mikro influencer terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit. Minimnya penelitian mengenai pengaruh dari kedua jenis influencer ini dalam industri kecantikan khususnya dalam produk perawatan kulit mendorong penelitian ini dilakukan. Memahami perbedaan dalam pengaruh mereka dapat membantu perusahaan kecantikan khususnya yang mempunyai produk perawatan kulit mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode regresi untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari pengguna media sosial yang tertarik dengan produk perawatan kulit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik makro maupun mikro influencer memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi praktisi pemasaran dalam merancang strategi marketing yang melibatkan kedua jenis influencer tersebut untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen dalam industri kecantikan. Menggabungkan pengaruh makro dan mikro influencer dapat memberikan pendekatan holistik dan efektif dalam menjangkau target audiens yang lebih luas dan memperkuat hubungan merek dengan konsumen.

References

Amelia, L. R. (2024). Pengaruh Mikro Influencer Endorsemen Terhadap Citra Merek Serta Keputusan Pembelian Pada Produk Merek By.Neeth. Journal of Management & Business, 747.

Anonim. (2023, July 24). Micro Influencer vs. Macro Influencer: choosing the Right Strategy for Your Brand. Retrieved May 16, 2024, from www.Influency.com: https://influencity.com/blog/en/micro-influencers-vs.-macro-influencers-choosing-the-right-strategy-for-your-brand

Anonim. (2023, July 14). Pentingnya Peran Influencer dalam Aktivitas Pemasaran. Retrieved May 2, 2024, from www.sisi.id: https://sisi.id/stories/insight/pentingnya-peran-influencer-dalam-aktivitas-pemasaran/

Ardhianti, D., & Kusuma, P. J. (2023). Pengaruh Harga Produk, Kualitas Produk, Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Ulang (Body Scrub Scarlett di Aplikasi Shopee). Jurnal Maneksi Vol 12, No. 4, 950-962.

Chen Lou, S. Y. (2019). Influencer Marketing: How Message Value and Credibilty Affect Consumer Trust of Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58-73.

Damayanti, A. R. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand awareness Terhadap keputusan Pembelian Produk Somethinc (studi pada Konsumen Somethinc di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 900.

Girsang. (2020). Pemanfaatan Micro-Influencer pada Media Sosial Sebagai Strategi Public Relation di Era. UltimaComm: Jurnal Ilmu Komunikasi , 12(2), 206-225.

Hanindharputri, M. A. (2019). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand . ISI Denpasar, 336-342.

Harwansya, D. P. (2023). Pengaruh Kredibilitas Micro-Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skincare Lokal Somethinc Dengan Sikap Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pengguna Media Sosial Tiktok di Kota Semarang). Diponogoro Journal of Management, 10.

Kurniawan, D. M. (2023). Pengaruh Beau`ty Influencer Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline New York (Studi pada Penonton Video TikTok Laura Siburian). Skripsi , 77.

Lina, L. F. (2020). Kredibilitas Selebriti Mikro pada Niat Beli Produk di Media Sosial. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 165.

Marques, I. R. (2020). The Effect of Macro Celebrity and Micro Influencer Endorsment on Consumer-Brand Engagement in Instagram. Strategic Corporate Communication in the Digital Age, 14-16.

Matamaya. (2024, February 13). Tips Membuat Strategi Influencer Marketing yang Efektif. Retrieved May 2, 2024, from www.matamaya.id: https://matamaya.id/article/influencer-marketing-indonesia/tips-membuat-strategi-influencer-marketing-yang-efektif

Newton, T. (2023, May 22). Micro vs Macro Influencers. Retrieved May 16, 2024, from Scalefluence.com: https://www.scalefluence.com/micro-vs-macro-influencers/

Pramudyatama. (2023, April 30). Pengertian dan Jenis-jenis Influencer Marketing. Retrieved May 14, 2024, from Whello.id: https://whello.id/tips-digital-marketing/pengertian-dan-jenisjenisinfluencermarketing/#:~:text=b.&text=Makro%20influencer%20berada%20satu%20tingkat,dari%20kalangan%20blogger%20atau%20vlogger.

Rahail, Y. (2024). Analisis Celebrity Endoser (Tasya Farasya) Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Somethinc (Studi Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Pakuan Bogor Periode 2018-2020). Jurnal Manajemen Pratama, 20-21.

Sari, R. I. (2020). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan. Skripsi Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, 1-95.

Schouten. (2020). Celebrity vs, Influencer Endorsement in Advertising: The Role of Identification, Credibility, and Product-Endorser Fit. Internasional Journal of Advertising, 39(2), 258-281.

Tri, F. &. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Primaderma Kosmetik dan Rd Glowskin. Repository stiemahardika, 1-4.

Viktor. (2024, March 12). Micro Vs. Macro Influencers: Which Is Right For Your Brand? Retrieved May 16, 2024, from theinfluencermarketingfactory.com: https://theinfluencermarketingfactory.com/micro-vs-macro-influencers/

Wardah, F. (2023). Analisis Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan JavaMifi. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 192.

Wilujeng, F. S. (2020). Analisis Produk Kosmetik Make Up Salah Satu Merek Global Terhadap Keputusan Pembelian. e-Journal UNESA, 457-459.

Downloads

Published

2024-09-10