Menciptakan Kepuasan Pelanggan melalui Pengelolaan Persepsi Harga dan Kualitas Layanan di Mie Gacoan

Authors

  • Rachel Pralampita Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Adinda Mevitasari Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Erica Adriana Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung

Keywords:

Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, Mie Gacoan

Abstract

Mie Gacoan merupakan salah satu restoran mie pedas yang sedang populer di Indonesia. Kepuasan konsumen menjadi faktor penting bagi Mie Gacoan untuk mempertahankan konsumen dan meningkatkan profitabilitas. Persepsi harga dan kualitas pelayanan merupakan dua faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Mie Gacoan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Tujuan dari studi literatur adalah untuk mengumpulkan dan mengkaji data dari berbagai sumber pustaka, antara lain buku, jurnal ilmiah, artikel internet, dan lain sebagainya. Sumber data penelitian ini yaitu literatur yang relevan dengan topik penelitian, seperti persepsi harga, kualitas layanan, dan kepuasan konsumen terhadap Mie Gacoan. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh Mie Gacoan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan konsumen. Konsumen akan lebih puas jika harga sepadan dengan kualitas produk atau jasa dan mendapat pelayanan yang baik. Dari penelitian tersebut terlihat bahwa untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, Mie Gacoan perlu menjaga kualitas produk dan pelayanan serta memberikan harga yang kompetitif. Persepsi terhadap harga dan kualitas pelayanan merupakan faktor penting yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap Mie Gacoan. Faktor-faktor tersebut harus diperhatikan oleh Mie Gacoan agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mencapai tujuan bisnis.

References

Annur, C. M. (2024, Februari 7). Grab Kuasai Pasar Online Food Delivery di Asia Tenggara, Kalahkan Gojek hingga Shopee. Retrieved from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/07/grab-kuasai-pasar-online-food-delivery-di-asia-tenggara-kalahkan-gojek-hingga-shopee

Hibatullah, N. F. (2023). Impact On Loyalty Pengaruh Orientasi Konsumen Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 7179–7186.

Inklusif Kolaboratif. (2024, April 18). Strategi Laris Manis Mie Gacoan. Retrieved on 5 Mei 2024, from inklusifkolaboratif.id: https://inklusifkolaboratif.id/strategi-laris-manis-mie-gacoan/#:~:text=Menurut%20Arsjad%2C%20ada%20sejumlah%20faktor,spot%20favorit%20bagi%20para%20mahasiswa

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing 17th ed. New York: Pearson Prentince Hall. 735.

Mustajab, R. (2024, April 4). Data Kinerja Industri Makanan dan Minuman pada 2013-2023. Retrieved on 2 Mei 2024, from dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/data-kinerja-industri-makanan-dan-minuman-pada-20132023

Pebriantika, U. P. (2022). Pengaruh Harga, Cita Rasa, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan di Karawang. Jurnal Mirai Management, 7(3), 255-262.

Permatasari, D. C. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Telkomsel. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 296–312.

Putra, D. R. (2024, Februari 8). 93 Persen Orang Indonesia Suka Pedas, Ini Ide Makanan Pedas Khas Indonesia. Retrieved from linggaupos.bacakoran.co: https://linggaupos.bacakoran.co/read/5312/93-persen-orang-indonesia-suka-pedas-ini-ide-makanan-pedas-khas-indonesia

Rusyani, E. (2022). Customer Satisfaction Related To Taste, Price, Service and Cafe Design. Jurnal Mantik, 6(2), 1439-1448.

Salsabilah, A., &. Cempena, I. B. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen di Mie Gacoan Cabang Sidoarjo. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 4(2), 50-79.

Sari, A. N. (2022, Oktober 31). Kondisi Industri Pengolahan Makanan dan Minuman di Indonesia. Retrieved on 3 Mei 2024, from www.djkn.kemenkeu.go.id: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-suluttenggomalut/baca-artikel/15588/Kondisi-Industri-Pengolahan-Makanan-dan-Minuman-di-Indonesia.html

Sholikhah, H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan di Bekasi Timur. Jurnal Economina, 2(2).

Siregar, N. M. (2022). The Influence of Taste and Price on Consumer Satisfaction. Quantitative Economics and Management Studies, 3(6).

Tazkia, A., & Arkhiansyah, Y. (2024). Implementasi Naive Bayes Classifier dalam Menganalisis Sentimen Pelanggan Mie Gacoan pada Instagram. TEKNIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Rekayasa, 18(1), 139-149.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, F., & Chandra., G. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Yunardi, E. T. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, dan Resto Atmosphere Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Niat Beli Ulang (Studi pada Pelanggan Mie Gacoan Cabang Majapahit Semarang). Seiko: Journal Of Management & Business, 6(2), 348-359.

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen. Bandung: CV Pustaka Setia.

Downloads

Published

2024-09-10