Dampak Komunikasi Pemasaran melalui Emotional Advertising terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Angelia Putri Program Studi Manajemen Universitas Machung
  • Putu Siska Puspitarini Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Catharina Aprilia Hellyani Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung

Keywords:

komunikasi pemasaran, emotional advertising, periklanan, faktor-faktor periklanan, keputusan pembelian

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan jenis komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan produknya dengan memberikan informasi dan mendorong pengguna untuk menggunakannya. Periklanan merupakan sarana perusahaan yang digunakan untuk memasarkan produknya. Periklanan merupakan alat yang penting dalam menciptakan sikap dan perilaku pelanggan. Dalam promosi melalui iklan, periklanan seringkali menjadi fokus utama karena periklanan mampu menjangkau konsumen secara luas. Emotional Advertising adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan emosi konsumen untuk menciptakan hubungan antara merek dan konsumen. Ikatan emosional yang diciptakan oleh suatu merek adalah faktor paling menonjol terkait pembelian, dan prinsip ini berlaku di negara mana pun. Penggunaan daya tarik iklan emosional dalam komunikasi pemasaran berbagai merek merupakan tren saat ini dan dianggap sebagai bagian penting dari praktik pemasaran modern. Kampanye periklanan yang dirancang dengan tepat dan tepat sasaran serta memiliki daya tarik emosional dapat menciptakan hubungan emosional yang kuat antara pelanggan dan merek. Untuk penelitian ini, metodologi kualitatif yang digunakan adalah studi literasi. Peneliti mengumpulkan data dari hasil penelitian jurnal terdahulu dan artikel terkait komunikasi pemasaran khususnya yang berfokus pada penggunaan emotional advertising untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa variabel emotional advertising mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada marketplace Shopee. Selain itu penggunaan emotional advertising pada komunikasi pemasaran juga harus memperhatikan karakteristik audiens sehingga efektif dalam mempengaruhi keputusan pembelian.

 

References

He, Zhu, & Sun. (2022, July). The influence of brand marketing on consumers' emotion in mobile social media environment. Frontiers in Psychology, 13, 1-13.

Krisnawati, R. M. (2023). Analisis iklan Sirup Marjan dalam mendapatkan atensi publik. Prosiding Seminar Nasional, 720-731.

Mahardika, Z. T., & Haryanto. (2016). Hubungan antara unsur iklan dan intensitas akses terhadap efektivitas Instagram sebagai media promosi karya seni kaligrafi & lettering.

Melitina, & Getha. (2017, December). Pengaruh pemasaran emosional terhadap keputusan pembelian melalui mediasi citra merek pada produk Nike. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(2).

Ratu, R. G., & Gunawan, C. (2020, August). Pengaruh emotional advertising dan environment advertising terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Arika, 14(2), 83-92.

Situmorang, M. K. (2018). Pengaruh kesenangan (pleasure), kegairahan (arousal) dan dominasi (dominance) terhadap pembelian. Jurnal Regionomic.

Watie, E. D. (2012, January). Periklanan dalam media baru (advertising in the new media). The Messenger, 4(1).

Downloads

Published

2024-09-10