Pengaruh Affiliate marketing Terhadap Keputusan Pembelian

Studi Kasus pada Tokopedia

Authors

  • Bintang Asto Nugroho Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Devan Nathaniel Pattiata Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Catharina Aprilia Hellyani

Keywords:

Pengaruh Affiliate marketing, Affiliate marketing, keputusan pembelian online

Abstract

Pertumbuhan internet mengubah fungsi media sosial sebagai sarana untuk menyampaikan komunikasi pemasaran yang menarik perhatian. Digitalisasi media membuat Affiliate marketing muncul sebagai strategi pemasaran yang populer di tengah pertumbuhan media sosial saat ini. Pengaruh media sosial menawarkan cara baru dalam berbelanja online melalui Affiliate marketing. sehingga, penelitian ini bermaksud untuk menemukan pengaruh Affiliate marketing terhadap keputusan pembelian mahasiswa di platform online, dan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor utama pengaruh Affiliate marketing terhadap keputusan keputusan pembelian, mengetahui cara kerja dan strategi keberhasilan Affiliate Marketing Ecommerce Tokopedia. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi literasi dari jurnal penelitian, weblink, maupun buku acuan teori. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel Affiliate marketing berpengaruh pada keputusan pembelian produk di e-commerce maupun media sosial. Melalui penelitian ini diharapkan dapat membuka wawasan lebih dalam mengenai efektifitas penggunaan Affiliate Marketing terhadap keputusan pembelian pada platform online.

References

Asadiyah, E., Ilma, M. A., & Rozi, M. F. (2023). The role of affiliate marketing on purchase decision moderated by purchase interest on TikTok.

Fadil, M. (2024). Maraknya penggunaan affiliate marketing: Apa untungnya bagi UMKM. Malang: Suara.com.

Giovani, C., & Berlianto, M. P. (2022). Faktor yang mempengaruhi purchase decision konsumen yang menggunakan platform Tokopedia.

Husnayetti, H., Ramadhanty, C. A., & Erion, E. (2023). Marketing affiliates, influencers, and purchase decisions of shopaholic users in Jakarta (pp. 63-68).

Marquerette, L. U., & Hamida, S. F. (2023). The impact of affiliate marketing and service features on e-commerce consumers' buying interest (pp. 49-55).

Mohamad, R. N., Karina, A., Kania, K., & Shafa, N. A. (2023). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian di e-commerce Tokopedia.

Nazar, M. R. (2023). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Nursal, M. F., Hadita, H., Marundha, A., & Komariah, N. S. (2022). Determination of marketing performance: Display media, affiliate marketing, and social media (pp. 73-83).

Patrick, Z., & Hee, O. C. (2019). Factors influencing the intention to use affiliate marketing: A conceptual analysis. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(2), 701-710.

Downloads

Published

2024-09-10