Peran Brand Resonance untuk Meningkatkan Customer Retention

Authors

  • Andreas Hadirianto Program Studi Manajemen Univeritas Ma Chung
  • Kholil Ibrahim Program Studi Manajemen Universitas Ma chung
  • Erica Adriana Program Studi Manajemen Universitas Ma chung

Keywords:

brand resonance, customer retention, merek

Abstract

Perusahaan terus mengembangkan merek mereka untuk bisa dikenal oleh masyarakat. Perusahaan berusaha membuat masyarakat memiliki ikatan dengan merek mereka sampai dititik dimana masyarakat itu akan membeli produk dari merek tersebut secara berulang dan mengenalkan merek tersebut kepada orang sekitarnya bahkan sampai mempromosikan tanpa dibayar atau diminta oleh perusahaan karena asosiasi psikologis. Brand resonance merupakan ikatan psikologis antara konsumen dan merek, diyakini dapat menambah loyalitas konsumen, interaksi yang lebih sering, dan berbagi pengalaman positif dengan orang lain. Sementara itu, customer retention mencerminkan tingkat loyalitas konsumen yang ditandai dengan pembelian berulang untuk rentan waktu yang lebih lama. Hubungan antara brand resonance dan customer retention bisa terjadi karena adanya ikatan secara psikologis antara konsumen dan merek. Sehingga dengan adanya ikatan psikologis antara konsumen dengan merek, membuat konsumen akan melakukan pembelian secara berulang untuk jangka waktu yang lama (customer retention). Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan hubungan antara brand resonance dan customer retention pada merek. Penelitian ini menggunakan metode literature review berdasarkan penelitian terdahulu yang sudah pernah dilakukan.

References

Ahmed, S., & Haque, M. M. (2023). Measuring the impact of the customer-based brand equity (CBBE) dimension on brand loyalty: A study on selected smartphones in Bangladesh. Original Article Management & Business, 20(2), 336-337.

Chadijah, & Mayasari, I. (2020). Analisis brand resonance: Studi pada restoran Martabak Puas. Management Department, Universitas Paramadina, Jakarta, Indonesia, 4. Retrieved June 30, 2024, from https://repository.paramadina.ac.id/68/1/Karya%20Ilmiah%20Chadijah.pdf

Gheta, A. P. (2021). Brand performance dan brand loyalty. Universitas Nusa Nipa Indonesia, 1. Retrieved June 30, 2024, from https://www.scribd.com/document/559479788/Brand-Performance-dan-Brand-Loyalty

Gul, R., Gul, R., Gul, F., & Gul, N. (2018). Brand resonance as a driver of customer retention: Empirical evidence from microfinance banks of Pakistan. JISR-MSSE, 16(2), 36-45.

Indriyani, S. (2017). The effect of brand equity on customer's retention top white coffee in Bandar Lampung. International Conferences on Information Technology and Business (ICITB), 62-69.

Saputro, W. R., & Murwanti, S. (2024). Analisis pengaruh resonansi merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek pada konsumen produk makanan Indomie di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Manajemen Dewantara, 8(1), 170-183.

Sari, D. M., Putra, N. A., Parasari, N. S., & Wijaya, G. C. (2023, December). Persaingan brand sepatu lokal: Brand resonance melalui brand salience pada generasi Z kota Denpasar. Economic & Education Journal, 5(3), 317-333.

Taskhiyana, A. D., Augustinah, F., & Herawati, A. (2023, December). The influence of product development and brand resonance on customer retention among users of the digital music streaming service Spotify. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(12), 152-167.

Widyastuti, P. (2023). Brand resonance and brand salience in luxury cosmetic products with symbolic value as the mediating variable. Journal of Enterprise and Development (JED), 5(3), 677-678.

Downloads

Published

2024-09-10