Pengaruh Greenwash terhadap Green Purchase Intention yang Dimediasi oleh Green Trust dan Green Skepticism

Studi pada Konsumen Galon Sekali Pakai Le Minerale di Yogyakarta

Authors

  • Lydia Novita Simanjuntak Program Studi Manajemen Universitas Sanata Dharma
  • Lucia Kurniawati Program Studi Manajemen Universitas Sanata Dharma
  • Maria Angela Diva Vilaningrum Wadyatenti Program Studi Manajemen Universitas Sanata Dharma

Keywords:

Greenwash, Green trust, Green scepticism, Green purchase intention

Abstract

Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat, mendorong perusahaan untuk menciptakan inovasi yang dapat mengurangi dampak lingkungan. Salah satu contohnya adalah produk AMDK Le Minerale yang memperkenalkan galon sekali pakai berbahan dasar PET yang diklaim ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Namun, inovasi ini menimbulkan pandangan negatif dan tuduhan greenwashing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Greenwash terhadap Green Purchase Intention melalui Green Trust sebagai variabel mediasi, (2) Pengaruh Greenwash terhadap Green Purchase Intention melalui Green Skepticism sebagai variabel mediasi. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data 135 responden sebagai sampel yang disebarkan melalui google formulir. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Greenwash berpengaruh terhadap Green Purchase Intention melalui Green Trust sebagai variabel mediasi (full mediation), hal ini ditunjukkan dengan ketika konsumen mempersepsikan greenwashing, konsumen akan cenderung tidak mempercayai merek atau produknya dan akan membuat konsumen membicarakan dan memperingatkan konsumen lain tentang hal itu dan mengakibatkan niatnya untuk membeli merek tersebut akan semakin rendah. (2) Greenwash tidak berpengaruh terhadap Green Purchase Intention melalui Green Skepticism sebagai variabel mediasi (no mediation) hal ini berarti semakin tinggi atau rendahnya kecurigaan konsumen terhadap perusahaan Le Minerale yang terlalu mengungkapkan informasi positif tanpa adanya informasi negatif, maka tidak akan membuat minat beli konsumen semakin tinggi atau semakin rendah dalam pembelian produk Le Minerale.

References

Amin, S., & Tarun, M. T. (2021). Effect of consumption values on customers’ green purchase intention: A mediating role of green trust. Social Responsibility Journal, 17(8), 1320–1336. https://doi.org/10.1108/SRJ-05-2020-0191

Chen, Y. S., & Chang, C. H. (2013a). Greenwash and green trust: The mediation effects of green consumer confusion and green perceived risk. Journal of Business Ethics, 114(3), 489–500. https://doi.org/10.1007/s10551-012-1360-0

Chen, Y. S., & Chang, C. H. (2013b). Towards green trust: The influences of green perceived quality, green perceived risk, and green satisfaction. Management Decision, 51(1), 63–82. https://doi.org/10.1108/00251741311291319

Damarjati, D. (2018). Data mengerikan soal sampah plastik di lautan. https://news.detik.com/berita/d-4315147/data-mengerikan-soal-sampah-plastik-di-lautan

Djaali. (2020). Metode penelitian kuantitatif. PT Bumi Aksara.

Elvera, & Astarina, Y. (2021). Metodologi penelitian. Penerbit ANDI.

Guerreiro, J., & Pacheco, M. (2021). How green trust, consumer brand engagement and green word-of-mouth mediate purchasing intentions. Sustainability (Switzerland), 13(14), 1–13. https://doi.org/10.3390/su13147877

Hoyos-Vallejo, C. A., Carrión-Bósquez, N. G., & Ortiz-Regalado, O. (2023). The influence of skepticism on the university Millennials’ organic food product purchase intention. British Food Journal, 125(10), 3800–3816. https://doi.org/10.1108/BFJ-02-2023-0093

Indonesia Climate Change Trust Fund. (2020). Sampah plastik, laut tercemar, dan target SDGs. https://www.icctf.or.id/sampah-plastik-laut-tercemar-dan-target-sdgs/

Lyon, T. P., & Montgomery, A. W. (2015). The means and end of greenwash. Organization and Environment, 28(2), 223–249. https://doi.org/10.1177/1086026615575332

Nguyen, T. T. H., Yang, Z., Nguyen, N., Johnson, L. W., & Cao, T. K. (2019). Greenwash and green purchase intention: The mediating role of green skepticism. Sustainability (Switzerland), 11(9), 1–16. https://doi.org/10.3390/su11092653

Nugroho, R. (2020). Berapa lama sampah plastik bisa terurai? https://travel.detik.com/travel-news/d-5079360/berapa-lama-sampah-plastik-bisa-terurai

Putri, I. I. R. (2022). Timbulan sampah gelas plastik capai 46 ribu ton, berpotensi jadi polutan. https://news.detik.com/berita/d-6181661/timbulan-sampah-gelas-plastik-capai-46-ribu-ton-berpotensi-jadi-polutan

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Tarabieh, S. M. Z. A. (2021a). The impact of greenwash practices over green purchase intention: The mediating effects of green confusion, green perceived risk, and green trust. Management Science Letters, 11, 451–464. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.9.022

Tarabieh, S. M. Z. A. (2021b). The impact of greenwash practices over green purchase intention: The mediating effects of green confusion, green perceived risk, and green trust. Management Science Letters, 11, 451–464. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.9.022

The ASEAN Post. (2018). Indonesia’s plastic waste problem. https://theaseanpost.com/article/indonesias-plastic-waste-problem

Tirto.id. (2019). Industri plastik dan ekonomi sirkular. https://tirto.id/industri-plastik-dan-ekonomi-sirkular-dmTL

Zhang, L., Li, D., Cao, C., & Huang, S. (2018). The influence of greenwashing perception on green purchasing intentions: The mediating role of green word-of-mouth and moderating role of green concern. Journal of Cleaner Production, 187, 740–750. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.03.201

Zuhra, W. U. N. (2017). Bisakah manusia hidup tanpa plastik? Tirto.Id. https://tirto.id/bisakah-manusia-hidup-tanpa-plastik-ckVq

Downloads

Published

2024-09-10