Penerapan Green Marketing dalam Memperkuat Konsep Bisnis Berkelanjutan serta Brand Image Ace Hardware Indonesia

Authors

  • Shafa Ananda Pudjianta Program Studi Magister Manajemen Inovasi Universitas Ma Chung
  • Aldelya Nanda Sabrina Program Studi Magister Manajemen Inovasi Universitas Ma Chung

Keywords:

Sustainability, Green marketing, Strategi bisnis, Brand image, Bisnis berkelanjutan

Abstract

Permasalahan lingkungan sekarang menjadi topik penting yang sering disorot oleh masyarakat dalam semua sektor, salah satunya ekonomi. Terdapat banyak pencemaran lingkungan yang dilakukan perusahaan mulai dari emisi gas kaca hingga peningkatan sampah yang tidak dapat didaur ulang. Dengan masalah tersebut, banyak perusahaan yang mempertimbangkan model bisnis berkelanjutan sebagai bentuk tanggung jawab dari masalah lingkungan yang diakibatkannya. Green marketing merupakan salah satu kegiatan bisnis berkelanjutan. Green Marketing dianggap sebagai taktik pemasaran efektif untuk mencapai tujuan dalam melestarikan alam sehingga dapat diterapkan pada promosi jasa, barang dan konsep bisnis. Menurut data Kementerian Perindustrian, sebanyak 69 perusahaan telah menerapkan green marketing. Dengan penggunaan green marketing dalam strateginya, perusahaan dapat mempengaruhi citra bisnis berkelanjutan dalam perusahaan yang akan berdampak pada citra perusahaan sehingga berpengaruh pada kinerja perusahaan. Ace Hardware merupakan salah satu perusahaan ritel rumah tangga dan gaya hidup yang telah menerapkan model bisnis berkelanjutan dan strategi Green Marketing. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan jurnal yang berhubungan dengan topik penelitian ini, serta memahami teori yang kemudian dilanjutkan dengan menganalisis hasil temuan terkait dengan penerapan green marketing dalam memperkuat konsep bisnis berkelanjutan dan brand image dari perusahaan Ace Hardware Indonesia. Selain itu, penelitian ini menyelidiki pengaruh citra ramah lingkungan dan bisnis berkelanjutan pada hasil kinerja perusahaan. Temuan signifikan dari penelitian ini mendukung dampak positif dalam peningkatan kinerja serta citra perusahaan dari penggunaan green marketing dalam strategi pemasarannya. Perusahaan harus lebih peduli dengan produk serta kemasan ramah lingkungan dan pengadaan acara-acara berkonsep “hijau” yang dapat meningkatkan branding berkelanjutan dan ramah lingkungan.

References

Genoveva, G., & Berliana, W. (2021). Pengaruh green marketing mix terhadap brand image produk Tupperware. Journal of Management and Business Review, 18(1), 60–76. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i1.218

Hasan, Z., & Ali, N. A. (2015). The impact of green marketing strategy on the firm’s performance in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 463–470. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.382

He, Q., & Silliman, B. R. (2019). Climate change, human impacts, and coastal ecosystems in the Anthropocene. Current Biology, 29(19), R1021–R1035. https://doi.org/10.1016/j.cub.2019.08.042

Holliday, C. O., Schmidheiny, S., & Watts, P. (2002). Walking the talk: The business case for sustainable development (Issue 0).

Karlina, G., & Setyorini, R. (2018). Pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai mediator (Studi pada Innisfree Bandung). Management & Accounting Expose, 1(2), 56–65.

Kartono, G. G., & Warmika, I. G. K. (2018). Pengaruh green marketing terhadap brand loyalty yang dimediasi oleh brand image. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(12), 6473. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i12.p04

Mahmoud, T. O. (2019). Green marketing: A marketing mix concept. International Journal of Electrical, Electronics and Computers, 4(1), 20–26. https://doi.org/10.22161/eec.4.1.3

Nandaika, E., & Respati, N. N. (2021). Peran brand image dalam memediasi pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen, 10(6), 539–559. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/69259

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap minat beli yang berdampak pada keputusan pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Peronika, N., Junaidi, & Maryadi, Y. (2020). Pengaruh brand image terhadap minat beli produk kosmetik Wardah di Kota Pagar Alam (Studi pada masyarakat pengguna kosmetika Wardah di Kota Pagar Alam). Jurnal Ekonomia, 10(1), 83–93.

Rachmawaty, M., & Hasbi, I. (2020). Pengaruh green marketing dan brand image terhadap minat beli AMDK Ades (Studi pada konsumen produk air minum dalam kemasan Ades di Indonesia). Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 71–79. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1893

Schaltegger, S., Hansen, E. G., & Lüdeke-Freund, F. (2016). Business models for sustainability: Origins, present research, and future avenues. Organization and Environment, 29(1), 3–10. https://doi.org/10.1177/1086026615599806

Wijaya, I. G. B., & Dewi, N. N. D. R. (2022). Pengaruh iklan dan brand image terhadap minat beli mie Lemonilo di Kota Mataram. Sorot, 17(1), 59. https://doi.org/10.31258/sorot.17.1.59-68

Downloads

Published

2024-08-17