Pengaruh Pengetahuan Perkoperasian dan Pelatihan Berkoperasi terhadap Partisipasi dalam Mengikuti Kegiatan Koperasi Sekolah
Keywords:
Pengetahuan Perkoperasian, Pelatihan Berkoperasi, Partisipasi dalam Mengikuti KegiatanAbstract
Salah satu tujuan utama koperasi adalah mensejahterakan anggotanya dan salah satu kewajiban koperasi adalah menyelenggarakan pendidikan perkoperasian yang dibutuhkan bagi anggotanya. Pendidikan perkoperasian diselenggarakan untuk menambah pengetahuan siswa tentang perkoperasian sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam koperasi sekolah. Pelatihan koperasi yang optimal juga sebagai salah satu perangsang untuk menarik siswa agar berpartisipasi. Sebaliknya semakin rendah pengetahuan perkoperasian yang diterima serta kurang optimalnya pelatihan koperasi yang disediakan sekolah, maka partisipasi siswa untuk mengikuti koperasi sekolah semakin rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Pengaruh Pengetahuan Perkoperasian dan Pelatihan terhadap Partisipasi dalam Mengikuti Kegiatan Koperasi Sekolah bagi Siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung”. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode ini digunakan untuk memperoleh data pengetahuan perkoperasian (X1), pelatihan (X2) dan partisipasi (Y). Instrument angket yang digunakan berupa pernyataan masing-masing variabel memiliki 15 pernyataan yang harus dijawab dengan pilihan untuk mengetahui hubungan ketiga variabel X¹, X² dan Y menggunakan Regresi Linier Berganda. Dari hasil analisis data terbukti besar thitung sebesar 2.578 > ttabel pada nilai N = 60 dengan taraf signifikan 5% diperoleh sebesar 2,471 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Pengetahuan Perkoperasian dan Pelatihan mempengaruhi Partisipasi dalam Mengikuti Kegiatan Koperasi Sekolah bagi Siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung”.
References
Anasrulloh, M., Rokhim, A. M., & Firotul M, A. F. (2020). Pengaruh Pendidikan Perkoperasian terhadap Partisipasi Anggota Pada Koperasi Wanita di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2). https://doi.org/10.51747/ecobuss.v8i2.632
Murdinar, H. E. (2021). Pengaruh Literasi Perkoperasian terhadap Pengelolaan Kelembagaan dan Pengelolaa Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (Studi Kasus KSPPS An Nur Berkah Jaya Kepanjenkidul Blitar). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan PENATARAN, 6(2), 160–168. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/548
Putri, F. D., & Marna, J. E. (2022). Pengaruh Pendidikan Perkoperasian Dan Motivasi Anggota Terhadap Partisipasi Anggota Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Karpend Lintau Utara. Jurnal Salingka Nagari, 01(2), 343–353.
Sa’adah, R. N., & Kamalia, P. U. (2023). Pengaruh Pendidikan Perkoperasian dan Kualitas Layanan terhadap Partisipasi Anggota Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 12(2), 617. https://doi.org/10.30588/jmp.v12i2.1055
Triwani, S., Zulfadli, & Syapsan. (2020). Pengaruh pengetahuan perkoperasian, kemampuan manajerial, dan kompetensi kewirausahaan terhadap partisipasi anggota serta dampaknya terhadap kinerja koperasi Koperasi Karyawan di Kota Pekan Baru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, XI(4), 754–774. https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/viewFile/7859/6790
Wazdi, A. I., & Firman, Y. (2021). Pengaruh Pengetahuan Anggota dan Kreativitas Pengurus terhadap Partisipasi Anggota Koperasi Karyawan PT Indoneptune Rancaekek. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 4(2), 10–21. https://doi.org/10.32483/maps.v4i2.57
Yulianto, R. (2013). Pengetahuan dan Sikap tentang Koperasi serta Implikasinya terhadap Partisipasi Anggota Koperasi Mahasiswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v7i1.57