Implementasi Metode Analytic Network Process dalam Pengembangan Digital Desa Wisata Pekunden, Kabupaten Banyumas
Keywords:
ANP, Digital, Desa Wisata, Pariwisata, Pekunden, Quadruple HelixAbstract
Kemajuan teknologi berperan penting dalam pengoptimalan berbagai aspek pembangunan wisata termasuk pengembangan Desa Wisata Pekunden, Banyumas. Desa Wisata Pekunden sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia memiliki berbagai potensi yang menawarkan wisata unik seperti pelestarian kebudayaan dan industri kreatif. Namun eksistensi Desa Wisata Pekunden masih cukup rendah dengan jumlah wisatawan yang fluktuatif. Oleh karena itu, peran digital wisata menjadi penting dalam mendongkrak pariwisata daerah seperti Desa Wisata Pekunden. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan Desa Wisata Pekunden melalui aspek digital wisata. Penelitian ini menggunakan sampel purposive sampling dengan model Quadruple Helix yakni akademisi, pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa Analytic Network Process dengan mengkaji berbagai indikator yang dinilai dari berbagai key person dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan strategi pengembangan Desa Wisata Pekunden yakni membentuk tim media sosial untuk mengelola media digital Desa Wisata Pekunden disusul dengan memberikan pelatihan mengenai web-development dan digital tourism lainnya, membentuk serangkaian paket wisata dengan media informasi yang lengkap, dan mengusung konsep Desa Wisata Digital di Desa Wisata Pekunden.
References
Ardhana, V. Y. P. (2019). Sistem Informasi Data Kependudukan Desa Berbasis Web. SainsTech Innovation Journal, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.37824/sij.v2i2.2019.99.
Barykin, S. E., & Poza, E. D. La. (2021). Tourism Industry: Digital Transformation. IGI Global.
Dewi, N. I. K. (2020). Photogrammetry dalam Perancangan: Pemetaan dan Pemodelan Kawasan Desa Wisata. Jurnal Arsitektur TERRACOTTA, 2(1), 24–33. https://doi.org/10.26760/terracotta.v2i1.4292.
Dickinson, J. E., Hibbert, J. F., & Filimonau, V. (2016). Mobile Technology and The Tourist Experience: (Dis)connection at The Campsite. Tourism Management, 57, 193–201.
Happ, É., & Ivancsó-Horváth, Z. (2018). Digital Tourism Is the Challenge of Future-a New Approach To Tourism. Knowledge Horizons-Economics, 10(2), 9–16. www.orizonturi.ucdc.ro.
Konstantinova, S. (2019). Digital Transformation in Tourism. Knowledge International Journal, 35(1), 188–193.
Laksmi, A. A. R. S., & Wisnumurti, A. A. G. O. (2019). Sustainable Tourism Model Based on Environmental Wisdom in Penglipuran Tourism Village, Kubu Subdistrict, Bangli. Proceedings of International Conference of Social Science, ICOSS 2018. https://doi.org/10.4108/eai.21-9-2018.2281140.
Moraru, R. C. (2017). Social Value of Online Information in the Hotel Industry. Proceedings of the International Conference on Business Excellence, 11(1), 810–817. https://doi.org/10.1515/picbe-2017-0086.
Perez, C. (2015). From Long Waves to Great Surges. European Journal of Economic and Social Systems, 27(1–2), 69–80. https://carlotaperez.org/wp-content/downloads/publications/theoretical-framework/PEREZ on CF-JAS final for EJESS.pdf
Ramadhan, D. S., Suharno, S., & Suryahani, I. (2023). Digitization System of Gegesik Kulon Tourism Village Using Swot Approach. Midyear International Conference, 158–170.
Saaty, T., & Vargas, L. (2006). Decision Making with The Analytic Network Process Economic, Political, Social and Technological Applications with Benefits, Opportunities, Cost and Risk. Springer.
Sinaga, B. A. G., Maqbullah, A., Suthanto, G. R., Aulia, W. T., Fadilah, P. S., Muhaimin, I., Nurjannah, D., Puspitararas, D., Haryanto, R., & Najmudin. (2023). Pengembangan Digitalisasi Melalui Branding Wisata Di Desa Wisata Pekunden. Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS, 2(1), 01–14. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/ABDIMAS45/article/view/717
Sumarto, R., Muluk, M. R., Nuh, M., & Sumartono, S. (2020). Penta-Helix and Quintuple-Helix in the Management of Tourism Villages in Yogyakarta City. Australasian Accounting, Business and Finance Journal, 14, 46–57.
Tian, J., Li, H., & Chen, R. (2018). The Emerging of Smart Citizen Concept Under Smart City Environment. Proceedings of the International Conference on Electronic Business (ICEB), 739–742.
Yalcinkaya, P., Lutfi, A., & Halil, K. (2018). An Evaluation on Smart Tourism. China-USA Business Review, 17(6). https://doi.org/10.17265/1537-1514/2018.06.004.