Pengaruh Profitabilitas dan Umur Perusahaan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) di Perusahaan yang Terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII)

Authors

  • Irvan Mustofa Universitas Islam Balitar
  • Saiful Nggufron Efendi
  • Diana Elvianita Martanti

Keywords:

Profitabilitas, Umur Perusahaan, Islamic Social Reporting

Abstract

Pada saat ini tanggung jawab sosial perusahaan tidak hanya dilakukan oleh ekonomi konvensional, namun juga pada ekonomi syariah yang disebut Islamic Social Reporting. Perkembangan tersebut muncul seiring dengan mulai munculnya akuntansi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan umur perusahaan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Objek penelitian ini berfokus pada perusahaan yang terdaftar pada Jakarta Islami Index periode 2022-2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan total sampel 24 data yang diperoleh dari 6 perusahaan dengan 4 periode, dari total populasi 30 perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting dan umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting.

References

Effendy, L. & Isnaini, Z. (2021). Determinan pengungkapan Islamic Social Reporting perusahaan yang tergabung di Jakarta Islamic Index. Jurnal magister manajemen,10(01). 84-84.

Nurjanah, I. & Bawono, A. (2021). Pengaruh profitabilitas, leverage, kepemilikan instirusional, dan kepemilikan manajerial terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting dengan ukuran perusahaan sebagai variable moderating pada bank umum syariah 2016-2020. Jurnal akuntansi dan keuangan konteporer, 4(2). 148.

Pratama, N. A., Muchlis, S., & Wahyuni, I. (2018). Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah Dengan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderating. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah, 2(1).

Prihatiningtias, Y. Putri, E., Nurkholis., & Ekowati, W. (2022). Determinan pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan di Jakarta Islamic index (JII). Ekonomi dan keuangan,6(1), 116-118. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i1.5001

Puspitasari, D. & Diana, N. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan profitabilitas terhadap Islamic Social Reporting pada perusahaan pertanian yang terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES) periode 2013-2019. Jurnal humaniora, 5(2). 91-92.

Rizfani, K. & Lubis, D. (2018). Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perusahaan di Jakarta Islamic Index. Jurnal Al-Muzara’ah, 6(2). 103. https://doi.org/10.29244/jam.6.2.103-116

Sari, Mike Sonita, and Nayang Helmayunita. "Pengaruh good corporate governance terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting." Jurnal Eksplorasi Akuntansi 1.2 (2019): 751-768.

Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Setyawan, M. (2022). Determinan Islamic Social Reporting pada peruahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2017-2019. Jurnal ekonomi dan bisnis, 9(1). 129

Sutama, D. & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Baverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi, 10(1). 22.

Downloads

Published

2023-12-21