Preferensi Konsumen dalam Membeli Sayur pada E-Commerce (Studi Kasus di Kota Tangerang)
Keywords:
preferensi konsumen, belanja sayur online, e-commerceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah variabel harga sayur di e-commerce, harga sayur non e-commerce, pendapatan, fasilitas, keamanan, jenis kelamin, pekerjaan dan status perkawinan berpengaruh terhadap preferensi konsumen dalam membeli sayur pada e-commerce di Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan di Pasar Anyar, Pasar Tanah Tinggi, Hypermart dan Lulu Kota Tangerang dengan memberikan kuisioner kepada 100 pengunjung pasar yang dipilih menggunakan metode proportionated stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi logistik. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan bahwa variabel harga sayur di e-commerce dan pendapatan berpengaruh negatif terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja sayur di e-commerce dan variabel jenis kelamin dan pekerjaan tidak berpengaruh sigifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja sayur di e-commerce. Sedangkan variabel harga sayur non e-commerce, fasilitas, keamanan berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja di e-commerce, dan status perkawinan berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja di e-commerce.
References
Ayu, K., Setiadi, A., & Ekowati, T. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Membeli Daging Ayam Broiler di Pasar Tradisional Kota Semarang. AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, 38(2). https://doi.org/10.47728/ag.v38i2.287
Faisal, Indra, & Romano. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Sayuran Di Kota Banda Aceh ( E-Commerce Effect on Consumer Buying Interest In Vegetable Products In Banda Aceh City ) Program Studi Agribisnis , Fakultas Pertanian , Universitas Syiah Kuala PEND. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 5(4), 63–71.
Fitriani, D. (2019). Pengaruh Gender Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online (Studi Kasus Terhadap Mayarakat Pontianak). Jurnal STMIK Pontianak, 12(1)
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Universitas Diponegoro.
Hosmer, D. W., & Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression. John Willey & Sons.
Kusberyunadi, M., Budiarto, & Wuryani, S. (2014). Analisis Faktor Demografi Dalam Keputusan Pembelian Buah di Kota Yogyakarta. Agro UPY, 5(2)
Maheswara, A. A., Windiarso, A. A., & Ahmad, F. R. (2020). E-Sayur: Platform Jual Beli Sayur. Journal UII.
Meitasari, D., Mutisari, R., & Widyawati, W. (2020). Pengaruh Sosio-Demografis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hortikultura Pada Online Market. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 4(4), 959–972.
Naibaho, R. S. (2017). Peranan Dan Perencanaan Teknologi Informasi Dalam Perusahaan. Jurnal Warta.
Pearson, M. L. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Salemba.
Pratisia, D., & Nuswantara, B. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Sayur Dengan Media Online Di Nyayur.Id Kota Salatiga. Ziraa’Ah Majalah Ilmiah Pertanian, 46(3), 327. https://doi.org/10.31602/zmip.v46i3.5194
Rohmah, S., Baroh, I., & Ariyadi, B. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen Sayur dalam Sistem Pembelian Online di CV. Kira Ermina Tulungagung. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(1), 235–244. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.22
Sakoikoi, J., & Priyanto, S. H. (2019). Determinan Kepuasan Belanja Konsumen Sayur Online. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 170. https://doi.org/10.24843/soca.2019.v13.i02.p03
Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. Jurnal Antro Unair, 4(2), 205–216.
Shellia, R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran pada Toko Sayur di Yogyakarta Studi Kasus di Toko Sayur di Sleman dan Bantul, Yogyakarta. 1–179. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/23716
Sugiarto, Herlambang, T., Kelanda, S., Brastoro, & Sudjana, R. (2007). Ekonomi Mikro: Sebuah Kajian Komprehensif. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2010). Pemasaran Strategi Edisi Kedua. Andi.