Analisis Suksesi Manajemen kepada Anggota Keluarga Perempuan serta Dampaknya terhadap Kinerja Perusahaan di dalam Bisnis Keluarga PT Payon Aura Sejahtera

Authors

  • Gabriella Michelle Universitas Ma Chung
  • Seno Aji Wahyono Universitas Ma Chung

Keywords:

bisnis keluarga, suksesi, perempuan, kinerja perusahaan

Abstract

Bisnis keluarga sangat mempengaruhi perekonomuan di setiap negara. Bisnis keluarga biasanya dijalankan oleh dua generasi. Dalam menjalankan bisnis keluarga, pemimpin atau pemilik usaha perlu merencanakan suksesi untuk keberlanjutan usahanya. Bisnis keluarga merupakan usaha yang dijalankan dan dikontrol oleh anggota keluarga atau dari diri sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Jenis penelitian yang dugunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Kemauan dalam meneruskan perusahaan merupakan faktor yang terutama dalam meneruskan dan menjalankan bisnis keluarga. Menurut pemilik perusahaan yang juga merupakan orang tua dari suksesor, suksesor telah memiliki passion dan soul ketika awal memasuki perusahaan. Menurut karyawan yang merupakan informan biasa, suksesor memiliki komunikasi yang aktif dan dinilai dapat memberikan masukan yang positif untuk perusahaan. Pemilik perusahaan tidak melihat gender sebagai pertimbangan yang utama karena adanya kemajuan wanita dalam memimpin dan meneruskan perusahaan. Pengalaman dan skill yang dimiliki suksesor dinilai masih kurang namum pengetahuan yang dimiliki suksesor dinilai sudah baik karena suksesor telah menyelesaikan pendidikan tinggi. Kompentensi merupakan faktor terpenting dalam pemilihan calon suksesor.

References

Antoro, N. P. (2017). Perencanaan Suksesi Pada Perusahaan Keluarga PT Wijaya Panca Sentosa Food. 5(3), 1-10. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/135424-ID-perencanaan-suksesi-pada-perusahaan-kelu.pdf.

Chanchotiyan, N., & Asavanant, K. (2020). The factors of family business successor readiness andhow their impact on the business transition from succes-sors’ perspectives. 6(5), 197-204. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/346406355_The_factors_of_family_business_successor_readiness_and_how_their_impact_on_the_business_transition_from_successors'_perspectives.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design. SAGE Publications, Inc.

Halim, I. P. (2017). Analisis Persepsi Orang Tionghoa Jawa Timur Terhadap Calon Suksesor Perempuan Pada Perusahaan Keluarga. Agora, 1-5.

Haryanto, S., & Harjanti , D. (2014). Analisis Proses Suksesi Pada Perusahaan Keluarga Berbudaya Tionghoa (Studi Kasus Pada PT X). 2(2), 3-15.

Putra, R. S., & Suliantoro , H. (2014). Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Menggunakan "Sink And Tuttle Model". Industrial Engineering , 3(2), 1-8.

PwC. (2014). Retrieved from https://www.pwc.com/id/en/publications/assets/indonesia-report-family-business-survey-2014.pdf.

Salim, & Syahrum. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi dalam ilmu sosial, Keagamaan dan Pendidikan. (Haidir, Ed.) Bandung: Citapustaka Media.

Walsh, G. (2011). Family Business Succession. KPMG Enterprise.

Downloads

Published

2022-10-06