Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Promosi untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Penyandang Disabilitas (Studi Kasus: Panti Karya Hephata dan Yayasan Cahaya Bersama Rakyat)

Authors

  • Yessi Annaria Naibaho Program Studi Manajemen Rekayasa Institut Teknologi Del
  • Mariana Simanjuntak

DOI:

https://doi.org/10.33479/sneb.v2i1.272

Keywords:

orientasi pasar, keunggulan bersaing, promosi, kinerja pemasaran, penyandang disabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemilihan strategi dalam meningkatkan kinerja pemasaran UMKM penyandang disabilitas. Pemilihan variabel diperoleh melalui wawancara terhadap pelaku UMKM dan studi literatur. Variabel penelitian diantaranya adalah orientasi pasar (X1), promosi (X2), keunggulan bersaing (Y1) dan kinerja pemasaran (Y2). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh dengan jumlah 67 responden yang merupakan seluruh pelaku UMKM penyandang disabilitas di Panti Karya Hephata dan Yayasan Cahaya Bersama Rakyat (CBR). Alat uji analisis yang digunakan adalah SmartPLS 3.0. Hasil menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, variabel keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Agustina, M., … V. S.-J. M. dan, & 2022, U. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Dusun Gunung Batu, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Jurnal.Umitra.ac.id.

Alwi, T., & Handayani, E. (2018). Keunggulan Bersaing UKM Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. 20.

Arbawa, D., Bisnis, P. W.-J. R. E. D., & 2018, U. (2018). Keunggulan Bersaing: Berpengaruh Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Kendal). Journals2.Usm.ac.id.

Arfanly, B., Sarma, M., & Syamsun, M. (2016). Peran Entrepreneurial Marketing dalam Peningkatan Kinerja Pemasaran pada Industri Rumahan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 11(2), 141–150.

Hair Jr., J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. 197.

Hajar, S., Unud, I. S.-E.-J. M., & 2016, undefined. (2016). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. Ojs.Unud.Ac.Id, 5(10), 6580–6609.

Hatta, I. H. (2015). Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran | Hatta | Jurnal Aplikasi Manajemen.

Hutabarat, E. (2017). Pengaruh Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Sun Plaza Medan | Hutabarat | Jurnal Ilmiah Methonimi.

Illanisa, N., Zulkarnaen, W., & Suwarna, A. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Sekolah Dasar Islam Binar Indonesia Bandung. Journal.Stiemb.ac.id

Junaidi, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada UPTD Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Kusuma, K. (2016). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. Ojs.Unud.Ac.Id, 5(10), 6580–6609.

Made, N., Dewi, P., & Ekawati, N. W. (2017). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. 6(9), 4947–4977.

Made, N., Pramesti, V., Ayu, G., & Giantari, K. (2016). Peran Orientasi Pasar Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Industri Kerajinan Endek. 5(9), 5754–5782.

Manambing, A., Mandey, S., & Tielung, M. V. . (2018). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran ( Studi Kasus Umkm Kuliner Tinutuan Di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3803–3812.

Oktapriani, R., Muniroh, L., & Eldine, A. (2020). Pengaruh Promosi dan Online Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi kasus pada UMKM Tas Desa Bojong Rangkas, Kabupaten Bogor). Pkm.Uika-Bogor.ac.id.

Oktavinus, Zaid, S., & Yusuf, H. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran Pengolahan Rumput Laut Di Wakatobi. Karyailmiah.Uho.Ac.Id, 5(2), 211–227.

Putra, M., Manajemen, P. S.-E.-J., & 2019, U. (2019). Peran Inovasi Memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Barbershop Di Kota Denpasar. Jurnal.Harianregional.Com.

Semarak, J. J. (2019). Pengaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan. Openjournal.Unpam.Ac.Id.

Sinambow, S., & Trang, I. (2015). Pengaruh harga, lokasi, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado. Ejournal.Unsrat.Ac.Id, 3(3), 300–311.

Downloads

Published

2022-10-06