Analisis Efisiensi Pelaksanaan Sistem Informasi Pengelolaan Inventarisasi Aset Daerah Pada Kecamatan Purwokerto Selatan

Authors

  • Ria Manurung Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Miftha Rizkina Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.33479/sneb.v1i.161

Keywords:

Waterfall, Inventarisasi, Aset, Hipotesis, Purposive sampling

Abstract

Diharapkan Sistem Informasi Pengelolaan Inventarisasi Aset Daerah ini, di kantor kecamatan akan lebih efisien, cepat dan akurat. Metode Pengembangan Sistem dalam penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Metode untuk evaluasi sistem teridiri dari Pengumpulan Sumber Data, Menentukan Hipotesis, Uji Normalitas, Uji Hipotesis (Ho : Tidak ada perbedaan waktu dan kevalidan data yang signifikan dalam pengelolaan inventarisasi aset daerah barang sebelum dan sesudah menggunakan Sistem Informasi Inventarisasi Aset Daerah. Hi : Ada perbedaan waktu dan kevalidan data yang signifikan dalam  pengelolaan inventarisasi aset daerah sebelum dan sesudah) dan Interpretasi Hasil. Sistem Informasi Inventarisasi Aset Daerah Kecamatan Purwokerto Selatan sangat efisien sebagai alternatif pembuatan laporan inventarisasi barang. Sistem ini dibanding inventarisasi manual mempunyai keunggulan-keunggulan berdasarkan kegunaan, kemudahan mempelajari, keefisiensi sistem  dan keakuratan data.

References

Durahman, N., & Munir, S. (2019). Sistem Informasi Inventaris Data Barang Di Pt Nata Bersaudara Sejahtera Menggunakan Metode Garis Lurus. Jurnal Teknik Informatika.

Ibeng. (2018). Pengertian Entity Relationship Diagram (ERD). Www.Pendidikanku.Org.

Irnawati, O., & Darwati, I. (2020). PENERAPAN MODEL WATERFALL DALAM ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARISASI BERBASIS WEB. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi). https://doi.org/10.33330/jurteksi.v6i2.406

Manurung, R. (2016). Sistem Informasi Inventory dan Penggajian Sales Distributor Sparepart Motor Untuk UD. Berkah Abadi Purwokerto. Media Aplikom.

Manurung R, K. R. A. (2019). (2019). Faktor Pendukung Keputusan UMKM Dalam Mengambil Modal Usaha Dengan Model Peer-To-Peer ( P2P ) Lending. Seminar Nasional Edusainstek, 650–659. https://prosiding.unimus.ac.id

Manurung, Ria. (2019). Perancangan dan Analisis Sistem Informasi Persediaan Barang pada CV UMA HANA. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI). https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.239

Maulidiya Kasrina, D. K., & Kasrina Della, K. M. (2016). PENGEMBANGAN MODUL INVENTARISASI TANAMAN OBAT PADA SISTEM INFORMASI TANAMAN OBAT BENGKULU. Jurnal Media Infotama.

Prehanto, D. R. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventarisasi Peralatan dan Bahan Laboratorium Berbasis Web di Jurusan Teknik Elektro UNESA. Jurnal Manajemen Informatika.

Sataria, I., & Siahaan, K. (2018). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Inventarisasi Barang Milik Negara (BMN) Kantor DPD RI di Ibukota Provinsi Berbasis Web pada Sekretariat Jenderal DPD RI. Jurnal Manajemen Sistem Informasi.

Downloads

Published

2021-12-15