Pengaruh Digital Marketing terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33479/sneb.v1i.125Keywords:
UMKM Pariwisata, Kinerja Pemasaran, Digital Marketing, Jenis Pemasaran Digital, SEM AMOSAbstract
Dilihat dari karakteristik wilayah Indonesia, UMKM sektor pariwisata menjadi salah satu pemegang peran penting dalam pertumbuhan di Indonesia. Akibat dari COVID-19 membuat para pelaku UMKM harus mencari cara agar tetap bertahan dan berkembang. Digital marketing merupakan salah satu soluai dalam meningkatkan pemasaran UMKM di Indonesia. Namun, hasil dari wawancara ke beberapa UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba dan juga studi literatur masih ditemukan UMKM yang belum menerapkan digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan digital marketing terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM Pariwisata sebagai acuan bagi pelaku UMKM dalam peningkatan kinerja pemasaran. Hasil dari studi literatur dan wawancara kepada 10 pelaku UMKM yang telah menerapkan digital marketing, variabel yang digunakan pada penelitian ini ialah social media marketing capability, e-commerce adoption, instant messaging orientation, digital marketing dan kinerja pemasaran. Pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner cetak dan kuesioner online sebanyak 132 kepada para pelaku UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba yang telah menggunakan digital marketing kemudian di analisis menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan bantuan software AMOS. Kesimpulan diperoleh bahwa terdapat pengaruh digital marketing terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba dan dapat diambil implikasi manajerial sebagai alternatif kebijakan dalam peningkatan kinerja pemasaran UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba menggunakan media pemasaran digital.
References
Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand.
Asbari, M., Purwanto, A., & Budi, P. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Produktivitas Kerja Inovatif Pada Industri Manufaktur di Pati Jawa Tengah . Jurnal Produktivitas, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v7i1.1797
Hamzah, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8, 127–135.
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Kementrian RI. (2009). Undang Undang No. 10/2009 tentang Kepariwisataan. Undang Undang No. 10/2009 Tentang Kepariwisataan.
Keni, W. K. S. D. (2019). Pengaruh Social Network Marketing (Snm) Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Minat Beli Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(6). https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i6.4910
Kuncono, O. S. (2013). Analisis Model Pengukuran & Model Persamaan Struktural.
Manik, C. (2021). Dampak Covid-19, Pedagang Suvenir di Kawasan Danau Toba Keluhkan Omzet. Bisnis Sumatra.
Patimatuzzakrah. (2020). Dampak Pariwisata Terhadap Pengembangan Dan Pendapatan Masyarakat Di Pantai Kuta Mandalika Desa Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Pratiwi, M. I. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP PERLAMBATAN EKONOMI SEKTOR UMKM. Jurnal Ners, Vol.4, 30–39.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Simanjuntak, M., & Sukresna, I. M. (2020). Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital Melalui Technology Acceptance Model. Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1).
UMKM Danau Toba Didorong Pasarkan Produk di Platform E-Commerce. (2021). Media Indonesia.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2008. (2008). Tentang: Usaha,Mikro,Kecil dan Menengah. Sekretariat Negara. Jakarta.