Communal Marketplace Berbasis Koperasi sebagai Salah Satu Terobosan Inovasi bagi Pelaku UMKM Indonesia di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Audito Aji Anugrah Universitas Ma Chung
  • Seno Aji Wahyono Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.33479/sneb.v1i.114

Keywords:

Communal Marketplace, Small Medium Enterprise, Co-operations Model Bussiness, Innovation in COVID-19, Indonesia

Abstract

Pandemi COVID-19 merupakan salah satu wabah yang khususnya memberikan dampak perekonomian bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Adanya pembatasan aktivitas kegiatan ekonomi menyebabkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah kehilangan akses dalam memasarkan produknya. Solusi atas permasalahan tersebut dapat dijawab dengan melakukan promosi secara digital. Kegiatan Promosi Digital salah satunya adalah marketplace. Belajar dari marketplace arus utama dimana menggunakan sistem sharing economy dan teknologi peer to peer dalam proses bisnisnya. Melalui Artikel ini, akan mencoba mengeksplorasi bahwa dimasa pandemic COVID-19 para pelaku UMKM dapat membentuk sebuah marketplace kepemilikan bersama (communal marketplace) dengan mengadopsi teknologi dari marketplace arus utama. Namun tentunya dalam membentuk tersebut perlu peran kolaborasi antara pemerintah dan perguruan tinggi dalam menciptakan communal marketplace tersebut. Tentunya dalam menciptakan model bisnis tersebut terdapat tantang yang dihadapi dan harapannya dapat diaplikasikan dan dikembangkan melalui sebuah pilot project.

References

APJII, A.P.PJ.I.I. (2016). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2016) (apjii.or.id)

Asmini, Sutama, I. Ny., Haryadi, W., & Rachman, R. (2020). Manajemen Business Cycle Sebagai Peluang Usaha Pasca COVID-19 Suatu strategi Pemulihan Ekonomi Masyarakat. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 121–129.

Coorporate Finance Institute. (2021). “What is Sharing Economy”. https://corporatefinanceinstitute.com/resources/knowledge/other/sharing-economy/. (diakses pada tanggal 25 Juli 2021)

Hardilawati, Wan Laura., (2020). “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi COVID-19”. Jurnal Akuntansi & Ekonomika. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Hudson Smith, M., & Smith, D. (2007). Implementing production/operations management practices and performance.International Journal of Production Economics, 106(2), 393–408. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2006.07.011.

Idcloudhost. (2021). https://idcloudhost.com/kamus-hosting/peer-to-peer/ . (diakses pada tanggal 25 Juli 2021)

Irul. M. (2021). “Pengertian dan Tipe Jaringan Komputer”. http://www.isrul.com/2016/07/pengertian-dan-tipe-jaringan-komputer.html. (diakses pada tanggal 25 Juli 2021).

Kementrian Koperasi dan UKM.(2019).Data UMKM

Kemenkop.(2020).https://kemenkopukm.go.id/read/sektor-umkm-jadi-kunci-pemulihan-ekonomi-di-tengah-pandemi. (diakses pada tanggal 25 Juli 2021)

LPPI, Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta.

Nofianti, L. (2020). Solusi UMKM di New Normal. https://uinsuska.ac.id/2020/06/16/solusi-umkmdi-new-normal/ (diakses pada tanggal 25 Juli 2021)

OECD. (2018). SME and Entrepreneurship Policy in Indonesia 2018. https://doi.org/10.1504/ijc.2017.1000564

Opiida. (2014) Pengertian E-marketplace. Retrieved from https://tokohalista.wordpress.com (25 Juli 2021).

Osterwalder, A dan Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation : A Handbook for Visionaries, Game Changers dan Challangers. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Tirto.id. (2020). Moody’s Prediksi Ekonomi Indonesia Melambat di 4,8% Akibat Corona”, 9 Maret 2020, https://tirto.id/moodysprediksi-ekonomi-indonesiamelambat-di-48-akibat-coronaeDPW, diakses 9 Maret 2020.

Turino, H. (2016). Meretas Konsep Ekonomi Berbagi. Tangerang Selatan: PT. Kusuma Putra Kreatif.

Undang Undang Koperasi No 25 Tahun 1992.(1992). Tentang Perkoperasian

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008.(2008). Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Yusup, J. (2017). Analisis Perumusan Dan Penerapan Sistem Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Ukm Bakso Pejagan). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(11), 76–90.

Warsiti, Wiwi., Sudartono, Tiris & Dewi, Riana. (2020). Peranan Koperasi Sebagai Bentuk Implementasi Ekonomi Pancasila di Era Digital. Jurnal : Empowerment in the Community Vol. 1, No. 1, Februari 2020

Zott, C., Amit, R., & Massa, L. (2011). The business model: Recent developments and future research. Journal of Management,37(4), 1019–1042. https://doi.org/10.1177/0149206311406265.

Downloads

Published

2021-12-15