Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Media Promosi Udinus Kediri
Keywords:
Augmented RealityAbstract
Universitas Dian Nuswantoro atau biasa disebut Udinus memiliki kampus utama di Semarang dan kampus PSDKU di Kediri. Selama berjalan 3,5 tahun ini, target jumlah mahasiswa Udinus Kediri dinilai masih di bawah target yang ditetapkan. Kegiatan promosi utama melalui kunjungan ke sekolah dan expo berhubungan langsung dengan target sasaran yaitu siswa SMA/SMK Sederajat. Media promosi seperti brosur menjadi pegangan bagi siswa untuk mengkomunikasikan dengan orang tua. Namun, nyatanya saat promosi, siswa kurang memperhatikan informasi dalam brosur dan terkesan tidak tertarik. Sehingga untuk meningkatkan awareness siswa terhadap informasi dalam media promosi Udinus, perlu adanya peningkatan daya tarik dan pengalaman bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam media promosi Udinus Kediri khususnya brosur. Sehingga secara tidak langsung branding Udinus sebagai Kampus berbasis IT juga tersampaikan ke siswa. Pendekatan penelitian secara kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan SWOT dan metode perancangan menggunakan tahapan pra produksi, produksi, hingga paska produksi. Sebagai hasilnya, AR yang dihasilkan mengedepankan animasi 3D pengenalan kampus meliputi petunjuk arah, pengenalan program studi unggulan, yang sesuai dengan konten visual dalam brosur.
Kata kunci: Augmented Reality, Media Promosi, Udinus Kediri
References
Cahyaningsih, Yuli. (2020) Teknologi Augmented Reality pada Promosi Berbasis Android. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 1.2: 91-116.
Indahsari, Leoni & Sumirat, Sumirat. (2023). Implementasi teknologi augmented reality dalam pembelajaran interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1.1: 7-11.
Nathania, N. V., Kadiasti, R., Hastuti, K., & Prayoga, A. S. (2022). Akulturasi Budaya Warak Ngendhog Dalam Bentuk Film Animasi 3D Si Warik. Andharupa: Jurnal Komunikasi Visual & Multimedia, 8, 475-488.
Robianto, R., Andrianof, H., & Salim, E. (2022). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) pada Perancangan Ebrouchure sebagai Media Promosi Berbasis Android. Jurnal Sains Informatika Terapan, 1(1), 61-66.
Sanyoto, D. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: CAPS; 2012.
Setiawan, Agus. (2018). Metodologi Desain. Yogyakarta: arttex.
Yusup dkk. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3.5.