Perancangan Board Game Edukatif Bertema Pramuka Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa/Siswi SMP
Keywords:
Pramuka, Edukatif, Board Game, Interaktif, Siswa Siswi SMPAbstract
Gerakan Pramuka merupakan wadah pembentukan karakter generasi muda Indonesia melalui nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Dasa Darma dan Trisatya. Namun, rendahnya minat siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) terhadap kegiatan Pramuka menunjukkan adanya kesenjangan antara cara penyampaian materi kepramukaan dengan karakteristik remaja masa kini, khususnya Generasi Alpha yang tumbuh di era digital. Berangkat dari persoalan tersebut, perancangan ini bertujuan menghadirkan media pembelajaran interaktif berupa board game bertema Pramuka yang menyenangkan dan relevan dengan gaya belajar generasi muda. Proses perancangan ini turut melibatkan kolaborasi bersama Kwartir Ranting Jampang Tengah sebagai mitra, yang mendukung aspek finansial produksi sekaligus berperan dalam mensosialisasikan board game ini ke beberapa gugus depan di wilayah setempat. Metode yang digunakan mencakup observasi, studi literatur, kuesioner kepada siswa SMP, serta wawancara dengan pembina Pramuka. Hasil akhirnya berupa board game edukatif yang memadukan elemen visual menarik, gameplay kolaboratif, serta konten pembelajaran seperti Dasa Darma, Trisatya, filosofi lambang Pramuka, dan materi dasar kepramukaan lainnya. Melalui media ini, diharapkan terjadi peningkatan pemahaman dan ketertarikan siswa terhadap nilai-nilai kepramukaan, sekaligus membangun kembali citra Gerakan Pramuka yang dinamis, menyenangkan dan relevan di mata generasi muda.