Transformasi Buku Cerita Anak “Misteri Bukit Batu” Berbasis Augmented Reality untuk Edukasi dan Pelestarian Budaya Kalimantan Tengah

Authors

  • Minarni Universitas Darwan Ali
  • Yes Fina

Keywords:

cerita rakyat, Augmented Reality, budaya dayak, bukit batu, edukasi digital anak

Abstract

Cerita rakyat merupakan warisan budaya yang sarat nilai edukatif, moral, dan spiritual. Namun, di tengah arus globalisasi dan dominasi konten digital modern, minat anak-anak terhadap cerita lokal mengalami penurunan. Kondisi ini diperparah dengan terbatasnya media pembelajaran yang menyajikan cerita rakyat secara menarik dan interaktif, terutama bagi anak-anak prabaca dan siswa berkebutuhan khusus (ABK) yang belum mampu membaca mandiri. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku cerita anak “Misteri Bukit Batu Kalimantan Tengah” berbasis Augmented Reality (AR), yang menampilkan visualisasi animasi 3D, suara naratif, dan efek suara lingkungan. Teknologi ini diintegrasikan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), melalui tahapan konseptualisasi hingga uji coba lapangan. Media dirancang dalam format cetak ukuran A5 dan digital flipbook melalui Heyzine, dengan fitur AR yang diakses melalui WebAR Studio, serta animasi dari Meshy.ai dan suara dari ElevenLabs.io. Hasil implementasi menunjukkan bahwa media ini efektif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman anak terhadap isi cerita dan nilai budaya lokal. Anak-anak tampak senang, tertarik, dan aktif mengeksplorasi, meski tetap memerlukan pendampingan guru dalam penggunaan AR. Narasi audio terbukti membantu anak non-literat memahami cerita. Kesimpulannya, buku cerita berbasis AR ini menjadi inovasi edukatif yang inklusif dan efektif dalam memperkenalkan budaya lokal kepada generasi digital-native, sekaligus menjadi upaya pelestarian cerita rakyat di era modern.

Downloads

Published

2025-10-19