Desain Struktur Kemasan Reusable Produk Skincare Moisturizer Untuk Mendukung Green Packaging
Keywords:
kemasan, reusable, MoisturizerAbstract
Sampah menjadi salah satu permasalahan yang cukup sulit di tangani di Indonesia. Keberadaaan limbah skincare yang dihasilkan dari tingginya popularitas produk perawatan kulit khususnya pelembap (moisturizer), yang sering menjadi sampah dikarenakan rata-rata sebagian besar konsumen hanya menyimpan kemasan primer dan membuang kemasan sekunder setelah pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang kemasan sekunder pada produk moisturizer skintific, salah satu produk terlaris di e-commerce Shopee, menjadi kemasan yang dapat digunakan kembali/reusable untuk memperpanjang siklus penggunaan kemasan skincare dan mengurangi limbah. Metode Design Thinking digunakan sebagai metode utama dalam perancangan kemasan skinacare ini. Hasil penelitian ini yaitu perancangan kemasan yang menggunakan karton lipat hardbox yang jauh lebih kokoh dan tahan lama dibanding struktur kemasan sebelumnya. Pemilihan material ini didasari oleh hasil pengujian prototipe yang menunjukkan bahwa bahan hardbox tidak hanya mampu melindungi isi produk secara optimal, tetapi juga memiliki daya tahan yang baik dibandingkan karton biasa. Selain itu, pada struktur baru, ditambahkan fitur fungsional yang memungkinkan kemasan untuk digunakan kembali sebagai wadah penyimpanan serbaguna. Proses perancangan pada kemasan sekunder dengan berbahan dasar hardbox ini menjadi pertimbangan konsumen untuk tidak langsung membuangnya. Inovasi kemasan ini diharapkan dapat mendorong perilaku konsumen yang lebih bertanggung jawab untuk menggunakan kembali kemasannya dari limbah yang mereka hasilkan.
References
Alifah, D. K., & Isnaini, W. (2024). Kampanye Untuk Membangun Kesadaran Akan Dampak Limbah Kemasan Skincare. e- Proceeding, 3, 1–17.
Alkhair, R., Putri, S. A., & Chalik, C. (2023). Perancangan Kemasan Flatware Dengan Metode Re-Use Dalam Usaha Mengurangi Limbah Kemasan Di Indonesia. 10.
Ansori, S., Hendradi, P., & Nugroho, S. (2023). Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Sipropmawa. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1072–1081. https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3648
Arianty, N., & Ariska, D. (2023). Peran Mediasi Green Packaging: Green Promotion terhadap Repurchase Intention. jesya, 6(2), 1675–1695. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1249
Arsy, A. M., Marta, W., & Usman, R. (2024). Perancangan Kemasan Batik Tulis Abin Craft.
Audianto, F., Agusta, A., Sn, S., & Ds, M. (2024). Perancangan Kemasan Kopi Reuseable Sebagai Sarana Edukasi Pengurangan Penumpukan Sampah Plastik Sekali Pakai Untuk Umkm Kopi.
Fauzi, M., Hartati, V., Nugraha, S. R., Nursalim, S., & Puspani, N. S. (2024). Green Logistics dan Extended Producer Responsibility untuk Pengelolaan Sampah Kemasan Makanan dan Minuman di Universitas Widyatama: Suatu Model untuk Green Campus. 25.
Purbasari, H., & Kristiana, N. (2021). Perancangan Desain Kemasan Palette Kosmetik Refill Sebagai Kampanye Ramah Lingkungan. 3(1).
Putra, T. S., & Ma’sum, H. (2024). Perancangan UI/UX Aplikasi Jemput Sampah Berbasis Mobile. 1(2).
Vakhira, N. H., & Aini, S. N. (2025). Peran Kegunaan Informasi E-WOM Sebagai Variabel Mediasi Antara Anteseden Kegunaan Informasi E-WOM Terhadap Minat Beli Moisturizer Skintific di Shopee.