Perancangan Media Promosi Noken Papua sebagai Kampanye Pelestarian pada Produk Ramah Lingkungan

Authors

  • Dwi Grahito Edhi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung
  • Kandiya Asoka Kristiwi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung
  • Ricky Alvin Kusuma Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung

Keywords:

kampanye, media promosi, noken

Abstract

Masalah sampah plastik menjadi tantangan besar bagi Pemerintah Kota Merauke, Papua. Sebagai solusi alternatif yang lebih ramah lingkungan, penggunaan Noken, tas tradisional yang merupakan simbol budaya Papua, diusulkan sebagai pengganti kantong plastik. Maka dari itu, diperlukan kampanye promosi melalui media seperti poster dan video yang ditargetkan khusus bagi generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menggali makna, konsep, dan karakteristik fenomena yang ada. Pendekatan kualitatif ini menekankan pencarian pemahaman yang holistik dan alami, menggunakan berbagai metode, serta disajikan secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital adalah alat yang efektif untuk menjangkau generasi muda di Kota Merauke. Kampanye yang dinamakan "The Eco Movement" atau "teco." ini menggunakan video dan poster untuk mempromosikan pelestarian Noken serta meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap warisan budaya Papua ini sebagai alternatif penggunaan kantong plastik.

References

Azim, M., & Ardoni, A. (2019). Pembuatan video promosi di Perpustakaan SMP N 18 Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan.

Fardi, M. I. A. (2024, May 10). Ancaman pencemaran sumber air di balik sampah ilegal Gunungkidul. Detikjogja. https://www.detik.com/jogja/berita/d-7333943/ancaman-pencemaran-sumber-air-di-balik-sampah-ilegal-gunungkidul

Fathinasari, A. A., Purnomo, H., & Leksono, P. Y. (2023). Analysis of the study of digital marketing potential on product purchase decisions in Generation Z. Open Access Indonesia Journal of Social Sciences, 6(5), 1075-1082.

Fitri, D. F., & Ardoni, A. (2019). Pembuatan video promosi perpustakaan di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan.

Hidayat, Y. A., Kiranamahsa, S., & Zamal, M. A. (2019). A study of plastic waste management effectiveness in Indonesian industries. AIMS Energy.

Husain, N. A., Yusuf, M., Kadir, A., & Muhandy, R. S. (2023). Tas tradisional “Noken” solusi mengatasi limbah kantong plastik. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 229–240. https://doi.org/10.37329/ganaya.v6i1.2249

Indah, J., & Junaidi, J. (2021). Efektivitas penggunaan poster dan video dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang buah dan sayur pada siswa Dayah Terpadu Inshafuddin. Jurnal SAGO Gizi dan Kesehatan.

Nuqul, F. L. (n.d.). Pengaruh lingkungan terhadap perilaku manusia: Studi terhadap perilaku menonton bioskop. Jurnal Sosiologi, 2(2), 20–34.

Pangestu, R. (2019). Penerapan kampanye sosial dalam desain komunikasi visual. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya.

Putra, I. P., Dinata, R. D., & Wijaya, A. (2019). Portrait photo study as communication media in a political campaign. Jurnal Nawala Visual.

Riviera, K., Suharno, & Fauzi, P. (2022). How consumers perceive towards traditional or modern markets proven by consumer preference logistic regression. Jurnal Ekonomi Pembangunan.

Sholihah, R., & Akliyah, L. S. (2022). Kajian sistem pengelolaan sampah berdasarkan aspek peran serta masyarakat di kawasan perkotaan Merauke. Bandung Conference Series: Urban & Regional Planning.

Sijabat, S., Indah, T. A., Ramadhan, F., Pulungan, A. R., & Hasibuan, S. H. (2021). Faktor-faktor yang menentukan keberhasilan produk melalui desain logo pada produk Og Home Care.

Tyas, O. E., & Soewardikoen, D. W. (2015). Social campaign media design of books for Papua. Wimba: Jurnal Komunikasi Visual, 7(1), 15-24. https://doi.org/10.5614/jkvw.2015.7.1.2

Utaminingsih, N. S., & Cangara, A. R. (2020). The half-dead of earth. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 575, Article 012048. https://doi.org/10.1088/1755-1315/575/1/012048

Downloads

Published

2024-09-10