Perancangan Poster Digital Infografis Kemasan Makanan Organik

Authors

  • Katrin Nur Nafi'ah Ismoyo Program Studi Desain Komunikasi Visual Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia

Keywords:

infografis, desain, kemasan makanan organik, poster digital

Abstract

Dunia kuliner saat ini berkembang dengan cepat, mulai dari jenisnya, bahan-bahan yang digunakan sebagai komposisi, hingga kemasannya. Namun disisi lain, perkembangan tersebut memberikan dampak negatif bagi alam, yakni mengenai sampah kemasan yang digunakan, kemasan yang masih banyak digunakan sebagai pembungkus hingga saat ini adalah kemasan berbahan plastik yang sangat sulit terurai, sehingga terjadi penumpukan sampah. Sampah plastik kemasan tidak hanya berakhir di TPA (Tempat Pembuangan Akhir), namun sebagian masyarakat juga membuangnya di sungai, laut, hutan, hingga di pinggiran jalan umum. Hal tersebut semakin meningkatkan angka pencemaran lingkungan. Berkaitan dengan hal tersebut, masyarakat perlu diberikan edukasi agar tidak hanya fokus pada pembungkus makanan berbahan plastik, dan edukasi tersebut salah satunya dapat berupa tersedianya poster digital infografis kemasan makanan organik yang diharapkan mampu menjadi alternatif kegiatan cinta lingkungan karena sifat organiknya yang mudah terurai. Tersedianya poster digital nantinya diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengakses, serta membagikan informasi secara masal. Metode yang digunakan dalam perancangan poster digital ini adalah trianggulasi data (wawancara, observasi, dan dokumentasi). Observasi secara online dan lapangan telah dilakukan, dan menunjukkan kurang tersedianya poster digital infografis kemasan organik untuk makanan, terutama di lingkungan jual beli makanan. Perancangan poster digital akan dibuat dengan menggunakan aplikasi Procreate. Poster digital yang dirancang memiliki unsur-unsur infografis seperti data, ilustrasi, dan tulisan. Ilustrasi menjadi salah satu unsur yang menarik, diharapkan dengan ilustrasi yang menarik pada poster digital infografis kemasan makanan organik selain mampu menyadarkan masyarakat akan alternatif kemasan makanan, juga mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

References

Al Mukminah. (2019). Bahaya wadah styrofoam dan alternatif penggantinya. Jurnal UNPAD (Majalah Farmasetika), 4(2), 32-34. https://jurnal.unpad.ac.id/farmasetika/article/view/22589

Badruttaman, B. (2022). Review: Pemanfaatan kandungan senyawa alami pada daun jati (Tectona grandis) sebagai antibakteri dan antioksidan. Jurnal Penelitian, 1(1), 8-18.

Kanda, K., & Sari, S. (2024). Analisis permasalahan dan kebijakan penanggulangan sampah di daerah Pajajaran Kota Bandung. Jurnal Sammajiva, 1(1), 61-69.

Karimun, & Syafii. (2021). Desain poster digital karya siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri Demak. Jurnal Eduarts (UNNES), 10(2), 65-75.

Noviadji, N. (2015). Desain kemasan tradisional dalam konteks kekinian. Jurnal Artika (IKADO Surabaya), 1(1), 10-21.

Pratama, R. A., Utomo, K., & Jati, D. (2016). Perilaku masyarakat dalam membuang sampah di tempat penampungan sementara (TPS) di Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah (UNTAN), 4(1), 1-10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmtluntan/article/view/15633/13740

Rachmadi, G., Hendriyana, H., Atamtajani, A. S. M., & Rahadian, F. (2023). Penerapan seni patung pada karya seni berbasis lingkungan dengan memanfaatkan bahan limbah kayu perkebunan. Dalam Prosiding Seminar Hasil Penelitian & PKM ISBI Bandung (hlm. 110-111).

Saptodewo, F. (2014). Desain infografis sebagai penyajian data menarik. Jurnal Desain UNINDRA, 1(3), 193-198. https://journal.lppmpunindra.ac.id

Saputra, D. D. (2024). Perancangan poster digital sebagai sarana edukasi dan informasi pemilu 2024. Jurnal Unimed, 13(1), 83-90.

Senjaya, W. F., Karnalim, O., Handoyo, E. D., Santoso, S., Tan, R., Wijanto, M. C., & Edi, D. (2019). Peran infografis sebagai penunjang dalam proses pembelajaran siswa. Jurnal Abdimas ALTRUIS, 2(1), 55-62.

Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. CV. Alfabeta.

Wahyuni. (2022). Studi awal pemanfaatan limbah daun pisang kering sebagai wadah makanan dengan berbagai jenis perekat. Jurnal UINSU, 6(1), 1-12.

Downloads

Published

2024-09-10