Redesain untuk UI/UX Website, Aplikasi Mobile, dan Tablet untuk Meningkatkan Usability Online Travel Agent Djalanin.com
Keywords:
user interface, user experience, usability, IU moduleAbstract
Indonesia sedang mengalami tantangan dalam meningkatkan kegunaan dan pengalaman pengguna pada platform digital, terutama bagi agen perjalanan online seperti Djalanin.com. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kegunaan situs web Djalanin.com dengan memperbaiki interpretasi visual, aksesibilitas, dan kebebasan pengguna, serta meningkatkan tingkat keamanan. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dan pendekatan Design thinking. Metode kualitatif memungkinkan pengumpulan informasi mendalam mengenai kebutuhan, preferensi, dan pengalaman pengguna. Sementara itu, Design thinking mendukung proses pengumpulan data, perancangan, pengujian, hingga finalisasi desain. Produk akhir dari penelitian ini adalah desain ulang UI/UX situs web, aplikasi mobile, adaptasi ukuran tablet, dan UI Module; dengan media pendukung berupa sticker, totebag, tumbler, kartu nama, nametag & tali lanyard, aplikasi 3D Webflow UI, notebook, dan kalender vertikal. Keberhasilan desain ini diukur dari peningkatan usability dan kemampuan platform untuk bersaing dengan kompetitor OTA di Indonesia. Redesain ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan performa penjualan Djalanin.com.
References
Aripradono, H. W., & Ardiansyah, M. (2021). Analisa pengaruh kualitas desain website terhadap minat beli online travel agent. Journal of Information System and Technology (JOINT), 2(3), 77-90.
Grimonia, R., Rohman, F., & Suryadi, N. (2023). The effect of consumer satisfaction and trust on loyalty through brand image as mediation: Study on online travel agent Tiket.com consumers. Devotion: Journal of Research and Community Service, 4(9), 1820-1832.
Indriyati, I., Sitorus, M. R., & Tarina, F. (2023). Pengaruh brand image dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen online travel agent Tiket.com. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 8(2), 1-13.
Ilham, H., Wijayanto, B., & Rahayu, S. P. (2021). Analysis and design of user interface/user experience with the design thinking method in the academic information system of Jenderal Soedirman University. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(1), 17-26.
Simanjuntak, E. S. M., & Ardani, I. G. K. S. (2018). Peran brand image memediasi pengaruh daya tarik promosi dan kewajaran harga terhadap loyalitas konsumen jasa transportasi Uber Taksi di Denpasar [Doctoral dissertation, Udayana University].
Yasa, I. G. A. S., & Wijayanti, N. P. N. P. E. (2023). The influence of brand awareness and brand image on customer loyalty in purchasing domestic & international flight tickets: Case study on Antavaya Bali. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 5(2), 126-137.