Perancangan Komik Digital tentang Bahaya Limbah Plastik sebagai Media Kampanye Kesadaran Masyarakat Jawa Timur

Authors

  • Fitri Christin Manurung Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung
  • Hanif Al Ihsan Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung
  • Nastya Stefanovna Wibowo Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung
  • Ayyub Anshari Sukmaraga Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung

Keywords:

komik digital, limbah plastik, indonesia, solusi berkelanjutan, kampanye kesadaran

Abstract

Polusi merupakan fenomena industrialisasi; terutama dalam negara berkembang seperti Indonesia. Polusi sudah menjadi fenomena publik sejak tahun 1970an.” Polusi sangat erat dengan perkembangan peradaban, semakin majunya sebuah peradaban semakin bertambah pula pembuangan yang terjadi, baik itu polusi udara, polusi air, maupun polusi lainnya. Indonesia merupakan negara terpadat ke-4 di seluruh dunia, berkisaran pada 278 juta penduduk, dan sekitar 41 juta penduduk Indonesia tinggal di pulau Jawa Timur, dengan kepadatan 860/km2 per orang. dapat di perhatikan di sekitar Masyarakat jawa timur bahwa pengelolaan sampah belum begitu baik. Negara Indonesia menghasilkan sekitar 7,2 juta ton sampah yang tidak dikelola setiap tahunnya, dan di jawa timur menghasilkan sekitar 5,7 ton per tahun, tetapi hanya 3,1 juta ton per tahun, yang berati tersisahnya sebanyak 2,5 juta ton sampah yang tidak terkelola per tahunnya. Banyaknya dampak-dampak berbahaya dari sampah yang tidak terkelola, terutama dari limbah plastik yang sifatnya susah terurai, ada beberapa dampak buruk baik itu menyakiti margasatwa, merusak lingkungan, ataupun berdampak buruk pada manusia. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menaikan kesadaran masyarakat tentang bahayanya limbah plastik melalui komik digital, dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tahapan studi pustaka. Perwujutan akhir media utama berupa komik digital didalam aplikasi WEBTOON sebanyak 3 Chapter. Indikator capaian dari perancanggan tersebut adalah keberhasial dalam menyebar luaskan kesadaran masyarakat Indonesia atas bahayanya limbah plastik.

References

Ayuningtyas, W. C., Yona, D., Julinda, S. H., & Iranawati, F. (2019). Kelimpahan mikroplastik pada perairan di Banyuurip, Gresik, Jawa Timur. JFMR (Journal of Fisheries and Marine Research, 3(1), 41-45).

Azwar, S. (2012). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Liberty.

Greenstone, M., & Fan, Q. C. (2019). Kualitas udara Indonesia yang memburuk dan dampaknya terhadap harapan hidup. Energy Policy Institute at the University of Chicago.

Gusliawati, R., & Paundanan, M. (2021). Pengetahuan dan sikap pedagang Pasar Sentral Tagunu tentang sampah dalam program Kukita Kutima Sampah Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Ilmiah Kesmas-IJ, 21(1), 52-59.

Hadiwijoto, S. (2016). Penanganan dan Pemanfaatan Sampah. Yayasan Idayu.

Hasniatisari, H. (2017). Gambaran pengetahuan dan perilaku masyarakat dalam proses pemilahan sampah rumah tangga di Desa Hegarmanah. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran, 6(2).

Larasati, N., & Fitria, L. (2020). Analisis sistem pengelolaan sampah organik di Universitas Indonesia (Studi kasus efektivitas Unit Pengolahan Sampah UI Depok). Jurnal Nasional Kesehatan Lingkungan Global, 1(2).

Martiyani, E., Jaksa, S., & Ernyasih, Andriyani. (2023). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pengelolaan sampah pada pedagang di Pasar Sepatan Kabupaten Tangerang tahun 2022. (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta).

McCloud, S. (2008). Understanding Comic. Gramedia.

Notoatmodjo, S. (2011). Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. Rineka Cipta.

Parmikoadi, D. M (2013). Transformasi cara penuturan cerita dalam bentuk aplikasi digital storytelling sebagai media pengenalan kembali legenda “Calon Arang”. Jurnal Nirmana, 15(1), 1-12.

Ridhoi, R. (2017). Doom to Disaster? Industrial Pollution in Sidoarjo 1975-2006 (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Suprapto. (2012). Dampak masalah sampah terhadap kesehatan masyarakat. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 1(2).

Downloads

Published

2024-09-10