Perancangan Desain Instagram Trifena Bakery untuk Meningkatkan Brand Awareness di Kota Malang

Authors

  • Olivia Astri Leonora Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung
  • Aditya Nirwana Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung
  • Bintang Pramudya Putra Prasetya Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung

Keywords:

Brand awareness, UMKM, konten media sosial, instagram

Abstract

Kemajuan dunia digital yang semakin pesat membuat para pelaku UMKM harus menyesuaikan diri dengan teknologi social media. Adapun salah satu kegunaan social media yaitu untuk membangun brand awareness ditengah banyaknya bisnis baru yang bermunculan seiring berjalannya waktu. Platform yang marak digunakan oleh UMKM untuk membangun brand awareness adalah Instagram karena dinilai efektif dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Platform Instagram dipilih oleh Trifena Bakery untuk membangun brand awareness di Kota Malang melalui pengunggahan konten-konten kreatif. Metode perancangan konten bagi Trifena Bakery yaitu dengan menggunakan Social Media Marketing Framework yang terdiri dari tahap ideating, creating, distributing, dan evaluating. Dalam penelitian ini, terdapat 10 kategori konten yang diunggah melalui Instagram Feeds, Reels, dan Story yang kemudian disusun dalam Social Media Guidelines Book.

References

Abdussamad, H. Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas penggunaan media sosial TikTok sebagai platform pemasaran digital produk olahan buah Frutivez (@hellofrutivez). Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 10(1), 26-35.

Dewi, A. A. I. S. D., & Indiani, N. L. P. (2022). Pengaruh citra merek, kesadaran merek, dan pemasaran digital terhadap keputusan pembelian AMDK AQUA. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 11(1), 10-19.

Khasanah, U. (2023). UMKM pasca Covid: Meningkatkan pemberdayaan ekonomi global. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1), 45-55.

Rizki. (2024, January 4). UMKM kuliner di Malang paling dominan tumbuh. Suron.Co. https://suron.co/2024/01/04/umkm-kuliner-di-malang-paling-dominan-tumbuh/

Sinari, T., Lilianti, E., & Arifin, A. (2022). Usaha kuliner sebagai penggerak UMKM pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 10(2), 23-32.

Vhikry, M. (2023). Mencermati dampak digitalisasi bagi UMKM pasca pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Digital, 8(3), 75-83.

Downloads

Published

2024-09-10