Implementasi Produk Mikro Kreasi bagi Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Erika Hamim Universitas Panca Marga Probolinggo
  • M. Syarif H. Elmas Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Seger Priantono Universitas Panca Marga Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.33479/sneb.v1i.77

Keywords:

Produk Kreasi, Usaha Kecil Menengah , UKM, Covid-19

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi dari Produk Mikro Kreasi bagi perkembangan usaha kecil dan menengah di Kota Probolinggo. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dimana peneliti menggunakan teknik wawancara secara langsung terhadap nasabah pengguna produk Mikro Kreasi dan juga menggunakan jenis penelitian kuantitatif sebagai pendukung dengan menunjukkan persentase pertumbuhan usaha ditinjau dari peningkatan pendapatan sebelum dan setelah menggunakan produk ini di masa pandemi covid-19. Sampel yang di teliti adalah 10 informan. Peneliti melakukan metode pengumpulan data dokumentasi yang berasal dari sumber data primer dan sekunder berupa wawancara secara langsung dan laporan tahunan PT. Pegadaian selama periode pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari data 10 nasabah produk Ultra Mikro Kreasi PT. Pegadaian Kota Probolinggo terdapat 2 informan yang mengalami peningkatan pendapatan karena pendapatan yang didapat digunakan untuk mengembangkan usaha yaitu menambah jenis usaha untuk bertahan di masa pandemi Covid-19 dan 1 nasabah yang tidak mengalami peningkatan maupun penurunan atau dapat dikatakan pendapatannya stabil dalam perkembangan usahanya di masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan sosial media dalam pemasaran produknya. Terdapat juga 7 nasabah yang tidak mengalami peningkatan pendapatan, karena pendapatan yang didapat untuk menambah peralatan usahanya. 

Kata Kunci : Produk Kreasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) Dan Covid-19.

References

Ayodya, Wulan. 2020. UMKM 4.0 (Strategi UMKM Memasuki Era Digital 4.0). Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Hidayatullah & Sukiman. 2019. STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN PRODUK KREDIT CEPAT AMAN (KCA) DENGAN PRODUK KREDIT ANGSURAN SISTEM FIDUSIA (KREASI) DI PT. PEGADAIAN CABANG SINJAI (ANALISIS TINJAUAN SYARIAH). JURNAL LEMBAGA KEUNGAN, EKONOMI, DAN BISNIS ISLAM Volume 1, No. 1. http://journal.asy-syarikah.iaims.ac.id. p-ISSN: 2656-6117

PT. Pegadaian Annual Report. 2016. ANNUAL REPORT LAPORAN TAHUNAN PERUM PEGADAIAN 2016. Jakarta: Sinar Grafika.

Sugiyono. 2019. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratman. 2015. METODOLOGI PENELITIAN – BISNIS & EKONOMI. Yogyakarta: Pustakabarupress

Umami, Fadli, dkk. 2020. Eksekusi Jaminan Fidusia Produk Kreasi Pada Pegadaian Cabang Kosambi Tangerang. Jurnal Notarius, Volume 13 No. 1. E-ISSN: 2686-2425 ISSN: 2086-1702

Downloads

Published

2021-12-15