Pelatihan Industri Kreatif Karnaval di Tulungagung
Keywords:
pelatihan, industri, kreatif, karnavalAbstract
Pelatihan yang diadakan oleh Universitas Islam Balitar pada tanggal 23 Mei 2024 berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku industri kreatif di Tulungagung, khususnya dalam bidang teknik produksi, manajemen acara, dan pemasaran digital. Melalui sesi perkenalan, pemberian materi, dan evaluasi yang interaktif, peserta memperoleh pemahaman mendalam tentang pemilihan bahan, desain, metode produksi, perencanaan acara, pengelolaan anggaran, serta strategi pemasaran digital. Respon positif dan antusiasme tinggi dari peserta menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dan relevan, mempersiapkan mereka untuk lebih kompetitif dan inovatif dalam mengembangkan industri kreatif berbasis karnaval, sekaligus mempromosikan dan melestarikan budaya lokal Tulungagung.
References
Etty Indriani, E., Agus Utomo, A., & Irwan Christanto Edy, I. (2020). Model strategi penguatan daya saing industri kreatif pariwisata bernilai kearifan lokal. Deepublish.
Jazuli, M., Slamet, M. D., & Paranti, L. (2020). Bentuk dan gaya kesenian barongan Blora. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 15(1), 12-19.
Kaharuddin, K., Maulidani, Y., Mihani, M., Saiful, S., & Matiin, N. (2024). Implementasi Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Sanggatta Utara, Kalimantan Timur. Kolaborasi: Jurnal Hasil Kegiatan Kolaborasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 56-71.
Mahendra, W., & Adi, A. S. (2022). Strategi Paguyuban Seni Tongklek Kabupaten Tuban dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Generasi Muda. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 5608-5627.
Nanda Zenmira, K. (2022). Manajemen Event Gandheng Renteng oleh Komunitas Guru Seni dan Seniman Pasuruan (KGSP) (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Proborini, C. A. (2017). Jember Fashion Carnaval (JFC) Dalam Industri Pariwisata Di Kabupaten Jember. MUDRA Jurnal Seni Budaya, 32(2).
Sopanah, S. E., CA, A., Bahri, S., Ghozali, M., & SH, M. (2020). Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal. Scopindo Media Pustaka.


