Perancangan Company Profile untuk Penguatan Citra Organisasi PIK POTADS Jawa Tengah
Keywords:
Company profile, PIK POTADS Jawa Tengah, Brand StrengtheningAbstract
Universitas Sebelas Maret sebagai institusi pendidikan tinggi yang berperan dalam pendidikan inklusi dalam bentuk dukungan terhadap komunitas maupun organisasi yang bergerak pada perjuangan hak anak-anak disabilitas. PIK POTADS Jawa Tengah atau Pusat Informasi dan Kegiatan-Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome adalah organisasi yang beranggotakan para orang tua dari anak-anak dengan Down Syndrome yang berkomitmen untuk saling mendukung, berbagi informasi, dan memperjuangkan hak anak-anak berkebutuhan khusus agar mendapatkan kehidupan yang layak, inklusif, dan penuh kasih. PIK POTADS menjadi jembatan antara keluarga, masyarakat, dan lembaga pendukung lainnya. Kurangnya Kesadaran Publik tentang Down Syndrome, minimnya dukungan dan Akses terhadap Layanan Pendidikan & Terapi, keterbatasan Informasi dan Jaringan untuk Orang Tua, kurangnya Dukungan dari Dunia Usaha dan Institusi Swasta dan belum Tersedianya Company Profile yang representatif menjadi permasalahan yang dialami oleh PIK POTADS Jawa Tengah. Fokus utama dari program ini adalah perancangan company profile PIK POTADS sebagai bagian dari penguatan organisasi yang juga perwajahan dari organisasi. Metode dari pengabdian ini dalam tiga tahap yaitu melakukan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi di akhir program kegiatan pengabdian untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh PIK POTADS Jawa Tengah. Hasil dari kegiatan pengabdian ini berupa perancangan company profile dalam bentuk file digital yang nantinya akan diakses secara online oleh stakeholder dan pengguna informasi dari organisasi ini. Company Profile yang dikerjakan dalam pengabdian ini menempatkan identitas dari PIK POTADS Jawa Tengah semakin aktif dalam melayani masyarakat dan menjadi komunitas yang bermanfaat bagi orangtua dengan anak down syndrome maupun masyarakat yang hidup di sekitarnya.
References
Arens, W. F. (2004). Contemporary advertising (10th ed.). McGraw-Hill.
Kotler, P., & Lee, N. (2008). Social marketing: Influencing behaviors for good (3rd ed.). SAGE Publications.
Wibowo, A. (2014). Manajemen komunikasi organisasi. Rajawali Pers.
World Down Syndrome Day. (2022). About WDSD. https://www.worlddownsyndromeday.org/


