Optimalisasi Keamanan Warga: Pemasangan Rambu Lalu Lintas dan Kaca Cembung di Dusun Jaten
Keywords:
Keamanan lalu lintas, rambu lalu lintas, kaca cembung, keselamatanAbstract
Keamanan lalu lintas di Dusun Jaten menjadi isu krusial seiring meningkatnya jumlah kendaraan dan aktivitas masyarakat, terutama di sekitar Sekolah Dasar (SD). Kondisi jalan yang tidak memadai, perilaku pengendara yang ugal-ugalan, serta minimnya rambu lalu lintas dan kaca cembung memperparah risiko kecelakaan. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan intervensi melalui pemasangan rambu lalu lintas dan kaca cembung di titik-titik strategis. Metode pelaksanaan mencakup pengamatan langsung terhadap kondisi lalu lintas, wawancara dengan warga setempat, analisis titik rawan kecelakaan, penentuan lokasi pemasangan, pelibatan masyarakat dalam proses instalasi, serta evaluasi pasca-implementasi. Hasil analisis dan pelaksanaan menunjukkan bahwa pemasangan rambu peringatan di area sekolah dan jalan rusak, serta kaca cembung di tikungan dan persimpangan, efektif menurunkan kecepatan kendaraan dan meningkatkan kewaspadaan pengendara. Implementasi metode ini menghasilkan perubahan perilaku positif pengendara serta meningkatnya rasa aman warga, meskipun masih terdapat pelanggaran lalu lintas oleh sebagian pengendara. Disimpulkan bahwa pemasangan rambu lalu lintas dan kaca cembung, bila didukung partisipasi masyarakat dan pengawasan berkelanjutan, dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas di kawasan padat aktivitas.
References
Ayu, C., Sari, N., & Afriandini, B. (2021). Analisa tingkat kecelakaan lalu lintas guna meningkatkan keselamatan jalan di Kota Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.30595/civeng.v2i1.9883
Hakzah, A., Akbar, M., & Didi, A. B. (2024). Studi perilaku pengendara remaja generasi Z terhadap keselamatan berlalu lintas di Kabupaten Enrekang. Sultra, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.54297/sciej.v5i2.658
Karim, M. A. N., Akbarulah, B. A., & Katiah, K. (2024). Use of convex glass to improve driving safety in Sukahurip Village. Dedicated: Journal of Community Services (Pengabdian kepada Masyarakat), 2(1), 45–54. https://doi.org/10.17509/dedicated.v2i1.62250
Manik, P., Richardianto, P., & Hidayat, N. (2020). Pedoman pengukuran keberhasilan rencana aksi keselamatan lalu lintas. ITL Trisakti.
Muhammad, F. A., & Harahap, S. B. (2024). Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan: Studi penertiban lalu lintas di wilayah hukum Kepolisian Kota Deli Serdang. Mahkamah: Jurnal Riset Ilmu Hukum, 1(4), 29–43. https://doi.org/10.62383/mahkamah.v1i4.164
Nasiri, A. S. A., Rahmani, O., Kordani, A. A., Karballaeezadeh, N., & Mosavi, A. (2020). Evaluation of safety in horizontal curves of roads using a multi-body dynamic simulation process. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(16), 1–20. https://doi.org/10.3390/ijerph17165975
Pangestu, I. D., Noor, H. T., & Gunawan, G. (2023). Faktor utama penyebab pelanggaran lalu lintas oleh pengendara sepeda motor. Jurnal Justitia: Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora, 6(2), 648–658. https://doi.org/10.31604/justitia.v6i2.648-658
Sasambe, R. O. (2016). Kajian terhadap penyelesaian pelanggaran peraturan lalu lintas oleh kepolisian. Lex Crimen: E-Journal Fakultas Hukum Unsrat, 5, 1–9. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexcrimen/article/view/10604
Wandira, K. Z., Fitriati, F., & Pratama, B. P. (2025). Efektivitas pemasangan rambu lalu lintas terhadap kesadaran hukum masyarakat dalam berlalulintas. Ekasakti Legal Science Journal, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.60034/06wyv161


