Branding Digital Marketing sebagai Upaya Pemberdayaan UMKM di Desa Sumbersuko Kecamatan Wagir Kabupaten Malang

Authors

  • Agustin Widyastutik Universitas Merdeka Malang
  • A.M Nafis Nasy’at Islami Universitas Merdeka Malang
  • Adelia Tri Lestari Universitas Merdeka Malang
  • Vindy Ersa Aulia Zahrah Universitas Merdeka Malang
  • Adelia Putri Wulansari Universitas Merdeka Malang
  • Sufiyanto Sufiyanto Universitas Merdeka Malang

Keywords:

branding, digital marketing, peningkatan penjualan

Abstract

Model promosi dan pemasaran produk UMKM di wilayah dusun Kenongo desa Sumbersuko masih dilakukan secara tradisional. Pemilik UMKM belum memanfaatkan media sosial dalam mendukung promosi dan penjualan produk. Hal ini berdampak pada terbatasnya jangkauan pemasaran dan penjualan produk UMKM tersebut. Branding produk melalui media sosial dibutuhkan untuk menciptakan peluang pasar bagi UMKM. Kegiatan pengabdian ini bertujuan menciptakan peluang pasar melalui branding digital marketing dalam upaya pemberdayaan UMKM di dusun Kenongo. Metode yang dilakukan berupa pelatihan dan pendampingan branding produk pada media sosial Instagram dan TikTok, disversifikasi dan optimalisasi produk, serta promosi langsung pada Enterpreneur Day Unmer 2025. Hasil kegiatan pengabdian ini berupa konten promosi di Instagram dan Tiktok dilihat oleh penonton sebanyak 28.000 orang, serta pengunjung profil tiktok sebanyak 264 orang. Disversifikasi produk dan optimalisasi label atau kemasan produk berdampak pada peningkatan penjualan produk UMKM sebesar 30% pada promosi Enterpreneur Day Unmer 2025.

References

Abdul Aziz, R. (2020). E-Book Digital Marketing Content. E-Book Digital Marketing, 14. https://www.amikomsolo.ac.id/wp-content/uploads/2020/09/E-BOOK- DM.pdf

Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm. Jesya, 6(1), 674–681. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967

Furqorina, R., Triandika, L. S., Agusalim, M., Syarif, M., & Firdaus, M. I. (2023). Pemanfaatan visual branding melalui foto produk dalam meningkatkan daya saing UMKM. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2): 348-356. https://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/download/20261/15773/59605

Gainau, P. C., Kilay, T. N., Ruban, A., & Pattiasina, G. A. (2024). Assistance in using Sipikan Website to increase sales of fishermen in Seri Village Sub-District Nusaniwe. 9(4): 1003–1016. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/view/14243

Halimah, A. S., Muis, A. A., & Yushra, Y. (2024). Packaging technology and digital marketing of fish dempo to increase sales productivity. 9(November), 948–959. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/view/14378

Natalia, R., Kharisma, F., Ramadhan, M. R., & Nihaya, I. U. (2022). "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kerja Branding UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Pelaku UMKM Desa Kweden." Abimanyu: Journal of Community Engagement, 3(2):35-39. https://doi.org/10.26740/abi.v3n2.p35-39

Nglebak, D., & Seniti, B. (2023). Strategi Branding Membangun Brand Identity Pada. 4(3), 1829–1836. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1213

Rezky, S. F., Hamdani, R., Suherdi, D., Erwansyah, K., Ginting, E. F., & Simangunsong, P. B. N. (2021). Branding UMKM untuk meningkatkan potensi promosi dan penjualan secara mandiri. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEK, 1(1), 39-44. http://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/adbimasiptek/article/download/3381/233

Riono, S. B., Harini, D., & Sholeha, A. (2023). Sosialisasi PemberdayaanMasyarakat Mengenai Strategi Branding untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Produk Lokal di Desa Kaliwlingi. Era Abdimas: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Multidisiplin, 1(4), 27-38. https://jurnal.eraliterasi.com/index.php/eraabdimas/article/download/131/117

Rumefi, U., Indah, H., Ningtyas, R., & Mualim, W. (2024). Optimizing Batik MSMEs through the implementation of green economy and sustainable digitalization. 9(November), 1043–1055. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/view/14086

Sari, A. K., & Sulhan, M. (2024). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi, branding pada produk UMKM olahan pisang dan olahan susu. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(4), 875–883. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21185

Satriyono, G., Rukmini, M., Prastiwi, E., & Kristanti, N. D. (2023). Perancangan Branding Serta Penerapan Digital Marketing UMKM Catering Ngudi Sempulur Kelurahan Panggungrejo Kab. Tulungagung. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 231-238. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/ADMA/article/download/2597/1229

Sepri, D., & Hidayat, D. (2020). Branding produk memasuki masa new normal. Journal of Digital Communication and Design, 1(1), 13–21. https://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/19116

Sufiyanto, S., Alfiansyah, B., Yuniarti, S., Sedyowati, L., & Andrijono, D. (2023). Creating digital promotional material for Coban Waru Waterfall. Community Empowerment, 8(3): 374-382. https://doi.org/10.31603/ce.8126

Downloads

Published

2025-10-31