Implementasi Green School untuk Membangun Kesadaran Lingkungan bagi ‘Generasi Hijau’
Keywords:
Green School, hidroponik, taman TOGA, Vertical GardenAbstract
Penataan lingkungan dengan konsep green school menjadi indikator penilaian dalam program Adiwiyata. Kondisi lingkungan dan partisipasi siswa di SDN 1 Sumbersuko membutuhkan pendampingan penerapan konsep green school dalam rangka mendukung program Adiwiyata sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kesadaran lingkungan bagi siswa melalui implementasi konsep green school di SDN 1 Sumbersuko. Metode kegiatan yang dilaksanakan meliputi sosialisasi dan pendampingan tentang hidroponik, pembuatan taman toga dengan greenhouse, serta revitalisasi vertical garden dengan memanfaatkan botol bekas sebagai pot. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa mengenai green school sebesar 39% setelah kegiatan sosialisasi, dari total 32 siswa. Pemanfaatan lahan di sekitar sekolah digunakan sebagai sarana edukasi, antara lain greenhouse tanaman toga, urban farming dengan hidroponik, serta vertical garden dengan tanaman stroberi. Implementasi konsep green school yang telah dilakukan terbukti dapat mendukung program Adiwiyata di SDN 1 Sumbersuko.
References
Alghifani, F. Z., Fransisca, M., Ivo, B. K. S., Setiawan, F. D., Sufhans, D. K., & Iyanto, S. (2024). Pendampingan kampung tematik asri untuk menciptakan lingkungan sehat bagi masyarakat. [Prosiding SNTEKPAN]. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/6554
Azmi, M. M., Febriana, A. D., Adinda, F., Nasution, A. M., & Maulania, I. M. (2024). Inovasi pemanfaatan limbah plastik melalui vertical garden serta pencegahan penyakit DBD melalui sosialisasi pembuatan spray anti nyamuk di Kampung Ngaglik Kota Malang. [Prosiding SNTEKPAN]. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/6595
Budiyanto, H., Tutuko, P., Boedi Setiawan, A., Jati, R. M. B., & Iqbal, M. (2021). Listrik tenaga surya untuk pompa submersible pada greenhouse hidroganik di Kabupaten Malang. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 336–346. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5298
Chen, S. L., Yu, H., Luo, H. M., Wu, Q., Li, C. F., & Steinmetz, A. (2016). Conservation and sustainable use of medicinal plants: Problems, progress, and prospects. Chinese Medicine (United Kingdom), 11(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s13020-016-0108-7
Hendriarianti, E., & Hardianto, Y. I. N. (2019). Pengolahan efluen IPAL komunal RT 4 RW 8 Kelurahan Bareng dengan hidroponik. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 4(1), 13–16. https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.3233
Ilham, A. J., Kusuma, A. T., Putri, F. R., & Selsia, B. (2023). Peran pendidikan lingkungan dalam meningkatkan kesadaran dan tindakan berkelanjutan di sekolah dasar. Masaliq, 3(5), 907–917. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1500
Mohammadian, S. (2024). Investigating the impact of environmental education on improving the environmental awareness of elementary school students. Psychology, Society & Education, 48(3), 1179–1197. https://doi.org/10.52783/pst.929
Nugroho, H., & Winarno, W. (2024). Implementation of environmental awareness through ecopedagogic approach to environmental issues in elementary schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(1), 112. https://doi.org/10.20961/shes.v7i1.84297
Nurdiansyah, D., Husen, S., Shofiyudin, M., & Maftuchin, M. (2022). Pelatihan hidroponik dengan styrofoam bekas. International Conference Journal of Community Service, 2(2), 86–90. https://doi.org/10.53067/icjcs.v2i2.62
Pambudi, P. A., Fardiani, S. N., Zaenab, S., Hidayati, A., Permana, L. J., & Arofah, N. H. (2022). Penguatan nilai kepedulian lingkungan pada siswa jenjang pendidikan dasar. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 2(2), 88–99. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i2.1934
Salmerón-Manzano, E., Garrido-Cardenas, J. A., & Manzano-Agugliaro, F. (2020). Worldwide research trends on medicinal plants. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(10), 1–18. https://doi.org/10.3390/ijerph17103376
Siregar, N. A. (2023). Studi literatur: Herbal Indonesia berkhasiat sebagai anti hipertensi. Herbal Medicine Journal, 6(2), 1–21. https://doi.org/10.58996/hmj.v6i1.80
Sufiyanto, S., Yuniarti, S., Tutuko, P., Andrijono, D., Rivaldi, A., Elice, E., & Putri, A. K. (2024). Revitalization of thematic villages through red ginger cultivation in Mulyorejo Village, Malang City. Community Empowerment, 9(5), 821–833. https://doi.org/10.31603/ce.11301
Ubaidillah, M., Puspito, A. N., Suud, H. M., Marvintha, K. N., Zaphora, S. Z., Hapsari, S. S., Firdaus, R. W., Dewi, R. K., Amelia, W. F., Aprillianto, B., & Zahrosa, D. B. (2023). Pengenalan tanaman hidroponik dengan mengkreasi limbah plastik pada siswa sekolah dasar. AJAD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 222–231. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.193
Wibowo, I. K., Marta, B. S., Susanto, E., Bachtiar, M. M., Widarto, M. F. E., Asy-syaf’ie, A. H., & Romolo, R. A. (2023). SLiCE: Implementation of automation technology and Internet of Things in the greenhouse. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 8(2), 315–325. https://doi.org/10.26905/abdimas.v8i2.9816


