Pelatihan dan Peningkatan Ketrampilan Las Listrik untuk Siswa SMK Muhammadiyah 3 Malang

Authors

  • Mohamad Irkham Mamungkas Program Studi Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Herry Suprianto Program Studi Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Heni Hendaryati Program Studi Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

siswa SMK, pelatihan, ketrampilan las, kompetitif

Abstract

Perkembangan jaman yang sangat cepat mendorong manusia untuk meningkatkan kemampuan khususnya dalam  dalam penguasaan teknologi. Teknologi yang terus berkembang dan cakupannya sangat luas salah satunya adalah teknologi pengelasan. Siswa SMK merupakan generasi yang diharapkan dapat menguasai berbagai macam ketrampilan setelah lulus dari pendidikan yang ditempuhnya. SMK Muhammadiyah 3 Malang sebagai mitra dalam kegiatan ini juga memiliki permasalahan dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai teknologi pengelasan. Permasalahan yang dihadapi adalah belum adanya pelathan tentang ketrampilan las dan minimnya peralatan yang dimiliki pihak sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut kegiatan ini dirancang untuk memberikan pelatihan dan peralatan bagi siswa SMK Muhammadiyah 3 Malang agar dapat meningkatkan ketrampilan las yang mereka miliki. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini adalah dengan memberikan pelatihan kepada siswa secara langsung, baik secara teori maupun praktek. Pada beberapa tahapan pelaksanaan kegiatan para peserta dari siswa SMK 3 Malang terlihat sangat antusias. Hal ini dilihat dari keinginan mereka untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi dan tetap menjaga protokoler kesehatan yang dianjurkan. Kegiatan pelatihan ini diawali dengan pengenalan beberapa peralatan ygn dibutuhkan dalam pengelasan dan juga beberapa strategi agar hasil pengelasan yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan. Hasil dari kegiatan ini didapatkan bahwa beberapa siswa yang mengikuti pelatihan ini ketrampilan mengelas mereka semakin meningkat. Hasil ini nampak terlhat pada hasil lasan yang mereka buat sudah sesuai dengan persyaratan pengelasan yang harus dicapai. Tentu kegiatan ini akan semakin baik jika para siswa juga tetap melath ketrampilan las setelah kegiatan ini selesai. Dengan harapan kemampuan dan ketrampilan siswa dalam teknik pengelasan semakin baik dan harapan agar lulusan dari SMK semakin kompetitif dan siap kerja serta mampu berwirausaha dalam berbagai aspek jenis pekerjaan sesuai dengan minat mereka masing-masing.

References

Akhmadi, A. N., Budi, S. S., & Qurohman, M. T. (2020). Peningkatan Pemahaman Pengelasan (SMAW) Shielded Metal Arc Welding di SMK Ma'Arif NU Talang Kabupaten. II(2), 188–193.

Arianti, B. D. D. (2020). Pelatihan Computer Based Test ( CBT ) Ujian Nasional Untuk Siswa SMK di Lombok Timur. 1(1), 22–32.

Asnan, M. N., Bayu, B., & Flawijaya, D. (2020). Program Pelatihan Gambar Teknik Menggunakan Aplikasi Autocad di SMK Muhammadiyah 3 Samarinda. 2(1), 52–61.

Hargiyarto, P. (2007). Pengembangan Model Pelatihan Lomba Kompetensi Siswa Program Keahlian Teknik Mesin Menuju World Skills. 420–435.

Maimunah, & Arumi, E. R. (2019). Upaya Pengembangan Bakat Kreatifitas Bagi Siswa Smk Melalui Pembuatan E-Book Interaktif. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat IV Tahun 2019, 584–590.

Sunaryo. (2017). Pelatihan Keterampilan Las Untuk Masyarakat. 1(1), 1–6.

Downloads

Published

2021-02-15