Perancangan Sistem Terintegrasi Informasi Pariwisata Pemerintah Daerah Berdasarkan Human Centered Design
Keywords:
Human Centered Design, Digital Tourism, Information System DevelopmentAbstract
Meningkatnya kebutuhan akan digitalisasi diikuti dengan meningkatnya pariwisata/turis di Indonesia memotivasi peneliti untuk membuat sistem integrasi informasi untuk acara pariwisata. Dari hasil observasi yang telah dilakukan di Website Kabupaten Pati, peneliti menemukan bahwa sistem informasi pariwisata perlu diperbaharui agar dapat memenuhi kebutuhan wisatawan/turis. Metode pengembangan pada penelitian ini menggunakan pendekatan Human Centered Design yang diawali dengan melakukan observasi ke website- website pariwisata untuk menganalisa kekurangan website dan menspesifikasikan kebutuhan pengguna, khususnya bagi para wisatawan serta turis sehingga menghasilkan perancangan desain sistem informasi acara pariwisata. Setelah itu, peneliti melakukan implementasi sistem yang dilanjutkan dengan survey hasil melalui pengukuran Technology Acceptance Model dan maintenance. Berdasarkan hasil survei penelitian ini, ditemukan penilaian rata-rata secara keseluruhan sebesar 89,7% dalam pengujian prototype sistem informasi pariwisata Pati, sehingga dapat disimpulkan bahwa user interface dari sistem sudah cukup user friendly sekaligus menunjukkan bahwa prototype sistem yang telah dirancang dapat mencukupi para wisatawan terhadap informasi acara pariwisata dan destinasi wisata yang tentunya akan mempermudah perencanaannya dalam berwisata. Dalam penelitian ini masih dapat dikembangkan pada paket integrasi pemesanan secara langsung sehingga mampu memudahkan pengguna apabila ingin memesan tiket acara ataupun event dari pemerintah tanpa bantuan pihak ketiga. Pengembangan lebih lanjut dapat menyertakan media video pada wisata maupun acara untuk menyampaikan informasi dengan lebih efektif.
References
Arif, W. (2012). Kajian tentang perilaku pengguna sistem informasi dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Proceeding Book of Konferensi Nasional Sistem Informasi, April 2008, 1–8. http://peneliti.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2008/.../arif+wibowo.pdf
Auernhammer, J. (2020). Human-centered AI: The role of human-centered design research in the development of AI. DRS2020: Synergy, 1, 11–14. https://doi.org/10.21606/drs.2020.282
Ardi, B. Y., Sarwoko, E. A., & Binarso, N. (2012). Pembangunan sistem informasi alumni berbasis web pada program studi Teknik Informatika Universitas Diponogoro. Journal of Informatics and Technology, 1(1), 72–84. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/joint/article/view/434
Dewanto, R. F. (2022). Pengaruh digitalisasi dan citra destinasi pariwisata terhadap tingkat kepuasan pengunjung di Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 6(4), 537–552. https://doi.org/10.22219/jie.v6i4.22278
Irfan, P., & Apriani, A. (2017). Analisa strategi pengembangan e-tourism sebagai promosi pariwisata di Pulau Lombok. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(3), 325–330. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i3.164.325-330
Murti, D. C. W., Kusumastuti, Z. R., Handoko, V. S., & Wijaya, A. B. M. (2022). Peningkatan digitalisasi pariwisata di wilayah Desa Purwoharjo, Kulon Progo. Jurnal Atma Inovasia, 2(1), 14–19. https://doi.org/10.24002/jai.v2i1.5395
Riani, N. K. (2021). Pariwisata adalah pisau bermata 2. 2(5). https://www.neliti.com/publications/469819/pariwisata-adalah-pisau-bermata-2