Pembuatan Video Clip Pembelajaran Di Gubuk Baca Lentera Negeri

Authors

  • Elik Murni Ningtias Ningsih Agroteknologi, Universitas Widyagama Malang
  • Medya Akhnes Saputra Elektro, Universitas Widyagama Malang
  • Mariya Ulfa Akuntansi, Universitas Widyagama Malang

Keywords:

Video clip, pembelajaran, gubug baca, lentera

Abstract

Masyarakat Desa Jabung, kecamatan Jabung Kabupaten Malang membentuk wadah belajar untuk anak-anak dengan nama Gubuk Baca Lentera Negeri.  Gubuk Baca Lentera Negeri sebagai wadah untuk pembelajaran bagi anak-anak dengan menyediakan buku pengetahuan dasar dan buku cerita pendidikan.  Anak-anak memanfaatkan waktu dengan mendatangi Gubuk Baca Lentera Negeri dan membaca buku yang tersedia. Metode membaca untuk sebagian anak-anak menimbulkan kejenuhan, sehingga anak-anak memanfaatkan waktu untuk membaca dalam waktu yang pendek. Capaian tujuan pembelajaran pada anak-anak memerlukan media yang menarik minat anak-anak untuk belajar dengan menggunakan sarana media video clip. Materi dalam video clip dengan memasukan beberapa bagian–bagian kegiatan di Gubuk Baca Lentera Negeri. Banyak kegiatan yang positif di lingkungan gubuk seperti pendidikan peduli pada keluarga untuk mendukung membentuk karakter yang baik bagi anak-anak. Metode pelaksanaan terdiri dari 1). pembuatan video clip pembelajaran 2). Pemutaran video clip pembelajaran di Gubuk Baca Lentera Negeri, 3) Evaluasi peningkatan kunjungan anak-anak dengan adanya media video clip pembelajaran. Video clip pembelajaran berisi materi penjabaran dari lagu berjudul Aku Anak Rajin dan Pintar.  Video clip berisi pembelajaran mengenai pendidikan anak-anak selama di rumah dengan kepedulian membantu tugas orang tua seperti membersihkan sendiri kamar tidur, menyapu halaman depan rumah, mencuci peralatan makan piring dan gelas yang dipakai sendiri.  Adanya video pembelajaran berdampak pada jumlah anak-anak yang belajar di  Gubuk Baca Lentera Negeri.  Jumlah anak yang berkunjung ke Gubuk Baca Lentera Negeri meningkat  200%.

References

Aeni , AN. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD dalam Perspejktif Islam. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar 1(1), 50-58.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Tadzkiyyah, 8(1), 31-43.

Holis, A. (2016). Belajar Melalui Bermain Untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. 2016. Jurnal Pendidikan Uniga, 10(1), 23-37

Putri, DP. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar Ar-Riayah, 2 (1), 37-50.

Ramdani, MA. (2014). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Uniga, 8(1), 1-26.

Downloads

Published

2021-02-15