Restorasi Taman sebagai Kawasan Edukasi Berkelanjutan di Kampung Lansia RT 04, RW 05 Kelurahan Bandulan

Authors

  • Lailatul Hikmah Universitas Merdeka Malang
  • Agni Prajna Yadi Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Merdeka Malang
  • Jiddhan Hensa Program Studi Hukum Universitas Merdeka Malang
  • Nur Fadilatus Shiam Program Studi Administrasi Publik Universitas Merdeka Malang
  • Pipit Eka Syafitri Program Studi Teknik Sipil Universitas Merdeka Malang

Keywords:

restorasi taman, taman lansia, kawasan edukasi

Abstract

Kampung lansia berada di Kelurahan Bandulan, RT.04/RW.05, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Daerah ini memang di dominasi oleh lansia dan ada beberapa orang tua yang masih muda dan beberapa anak kecil. Ada 4 taman yang berada di kampung lansia, dari empat taman tersebut ada dua taman yang terawat dengan baik dan dua taman lainnya perlu di restorasi. Kedua taman di lokasi tersebut mengalami penurunan fungsi dari kondisi semula. Hal tersebut menyebabkan tata letak taman dan lingkungan sekitarnya menjadi kurang tertata dan kotor. Oleh sebab itu, sebagai perwujudan dari program pengabdian masyarakat maka kami melakukan restorasi pada Taman Sayur dan Taman Lansia. Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk menghidupkan kembali kawasan taman yang sebelumnya sangat terawat dan hal ini dapat meningkatkan nilai fungsi dalam hal edukasi terhadap warga sekitar. Metode pengabdian yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi dan pendampingan. Sosialisasi dilakukan untuk mengenalkan atau mengedukasi terkait dengan tanaman dan pijakan terapi. Hasil yang diperoleh dari program pengabdian ini adalah peningkatan kesadaran masyarakat tentang lingkungan dengan tujuan untuk peningkatan nilai dan fungsi edukasi dari kedua taman tersebut.

References

Anggi, A. M., & Yuliana, I. (2021). Upaya peningkatan kesadaran lingkungan warga Desa Pondok Agung Kecamatan Kesembon Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 75-78.

Kresna Febriyanto, S. S. (2019). Pengabdian masyarakat melalui pemanfaatan jalan terapi bagi lansia di Desa Sumber Sari, Kutai, Kertanegara. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 164-174.

Munir, I. R., & Patunoma, S. (2022). Restorasi hutan mangrove di Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai Sumatra Utara (studi kasus). Jurnal Pengelolaan dan Teknologi Lingkungan, 1(1), 25-36.

Rahmah Mufti, H. (2023). Restorasi ekosistem mangrove di Taman Wisata Bahari Gonda Polewali Mandar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2987–0135.

Sugito, Susilowati, & Muhammad Al-Kholif. (2017). Strategi pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman obat keluarga. Jurnal Penamas Adi Buana, 2(2).

Waryono, T. (2018). Restorasi ekologi hutan mangrove (studi kasus DKI Jakarta). Jurnal Konservasi Mangrove, 3(1), 1-9.

Downloads

Published

2024-09-10