Mengabdi Dalam Pandemi Untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat di Era New Normal di Desa Sidorejo – Sidoarjo

Authors

  • Ivan Charles S. Klau S1 Farmasi, STIKes RS Anwar Medika
  • Aulia Dinda Safira S1 Farmasi, STIKes RS Anwar Medika
  • Iin Setiani S1 Farmasi, STIKes RS Anwar Medika
  • Indria Tri Mulandari S1 Farmasi, STIKes RS Anwar Medika
  • Ircham Saifulloh S1 Farmasi, STIKes RS Anwar Medika
  • Dinda Pramasela S1 Farmasi, STIKes RS Anwar Medika
  • Fachriya Dwi Indria N S1 Farmasi, STIKes RS Anwar Medika
  • Rezania Risa Meilya S1 Farmasi, STIKes RS Anwar Medika
  • Siti Adetyra Yusantari R S1 Farmasi, STIKes RS Anwar Medika
  • Algy Rama Bintara S1 Farmasi, STIKes RS Anwar Medika
  • Sholeh Irianto S1 Farmasi, STIKes RS Anwar Medika

Keywords:

COVID-19, Meningkatkan Kesehatan Masyarakat, New normal, Sidorejo, Sidoarjo

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak bukan pada bidang kesehatan saja, tetapi juga bidang ekonomi. Tidak bisa dimungkiri virus tersebut turut merenggut pekerjaan masyarakat Indonesia. Menurut website resmi pemantauan Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo, memaparkan bahwasannya per tanggal 17 Juli 2020 Kecamatan Krian terdapat 108 kasus positif Covid-19. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencegah bertambahnya angka pasien positif Covid-19 dan meningkatkan kesadaran hidup sehat dalam rangka menuju new normal. Metode dalam kegiatan ini dengan cara edukasi, dan pendampingan praktek secara langsung kepada masyarakat di Desa sidorejo – Kabupaten Sidoarjo, dengan mengikuti protokol kesehatan. Setelah mengikuti kegiatan ini masyarakat sadar, untuk menerapkannya dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Berdasarkan hasil kegiatan diketahui bahwa dengan adanya kegiatan ini bisa mengurangi rasa khawatir masyarakat akan kemungkinan penularan virus Covid-19 saat kembali ke rutinitas seperti sedia kala di Desa sidorejo – Kabupaten Sidoarjo.

References

Aryanta, Wayan Ardi., 2019. Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. Universitas Hindu Idonesia

Currie, G. (2020). A Lens on the Post- COVID19 “New Normal” for Imaging Departments. Journal of Medical Imaging and Radiation Science. Doi: 10.1016/j.jmir.2020.06.004

Kurniasih. 2013. Khasiat danManfaat Daun Kelor Untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit. Cetakan I. Pustaka Baru Press.Yogyakarta.

Leach, J. 2017. 11 Proven Health Benefits of Ginger.https://www.healthline.com/nutrition/11 proven-benefits-of-ginger. (diakses tanggal 20 September 2020).

Toripah, S, S., Abidjulu, J., dan Wehantouw, F., 2014. Aktivitas Antioksidan dan Kandungan Total Fenolik Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera Lamk). Program Studi Farmasi FMIPA Universitas Samratulangi. Manado.

Rismunandar dan F.B. Paimin. 2001. Kayu Manis: Budi Daya Dan Pengolahan Penebar Swadaya. Jakarta.

Wihastuti, T, A., Sargowo, D., dan Rohman, M, S., 2007. Efek Ekstrak Daun Kelor (Moringa Oleifera) Dalam Menghambat Aktifasi NFkb, Ekspresi Tnf-? dan Icam-1 pada HUVECS yang Dipapar LDL Teroksidasi. Jurnal Kardiologi Indonesia. Vol 28. Universitas Brawijaya. Malang

Downloads

Published

2021-02-15