Deteksi Dini Ca. Cerviks melalui Metode PAP Smear / IVA dan Pemberian KIE bagi Wanita Usia Subur Warga Desa TambakAgung-Puri-Mojokerto

Authors

  • Nunuk Nurhayati Program Studi Kebidanan, STIKES ABI Surabaya
  • Partina Partina Program Studi Kebidanan, STIKES ABI Surabaya

Keywords:

Deteksi dini, Ca Cerviks, PAP Smear/IVA Test, KIE

Abstract

Ca. Cerviks adalah momok bagi para wanita di Indonesia karena angka kejadian Ca servik masih tinggi, Kasus baru ditemukan di Indonesia sebanyak 32.469 jiwa dan angka kematian mencapai 18.279 pertahun, yang artinya ada ± 50 orang wanita yang meninggal dunia akibat Ca. Cerviks (Kompas, 2018). Menurut Prof. DR., dr Andrijono, SPoG bahwa 80% -90% pasien datang ke Rumah Sakit sudah dalam stadium lanjut dan meninggal dalam waktu 2 tahun sehingga  rata-rata 40 % - 60 % pasien dalam satu harinya  meninggal dunia karena Ca. Cerviks. Data kunjungan pasien RSUD Dr. Wahidin  Mojokerto menjadi urutan tertinggi dengan total 224 kunjungan bahkan 189 diantaranya kasus baru  Masyarakat harus lebih waspada terhadap ancaman penyakit Ca. Cerviks. Ca Cerviks bukan penyakit menular dan untuk menekan kasus perlu deteksi dini penemuan kasus Ca. Cerviks di masyarakat baik melalui PAP Smear ataupun IVA Test serta pemberian KIE bagi wanita usia subur. Faktor yang dapat meningkatkan kejadian  Ca  servick  : factor usia, status  social ekonomi, pengetahuan dan pendidikan.

References

Anggrani F (2014). Faktor yang mempengaruhi implementasi program deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan IVA (inspeksi Visual Asam Acetat) di puskesmas wilayah kota Surabaya . Journal of Health Science 7 (1).

Azwar S, (2013). Sikap manusia, teori dan pengukurannya. Yogjakarta : Pustaka Pelajar

Kemenkes RI, (2015). Direktorat Jenderal Pengendalian penyakit dan Penyehatan lingkungan

Maulana H, (2013) Promosi kesehatan, Jakarta : EGC

Ningsih, D.P.S., Pramono & Nurdiati (2017) Faktor yang berhubungan dengan kejadian kanker servik di Rumah Sakit Sarjito Yogyakarta. Journal Of Community Medicine and Publick Health 33 (3),

Notoadmojo S, (2012). Promosi kesehatan dan prilaku kesehatan. Jakarta, Indonesia : Rineka Cipta.

Triharimi M., Yunitasari., Armini Kusumaningrum T., Pradanie dan Nastiti A (2019). Pemberdayaan perempuan melakukan deteksi dini Kanker Serviks Melalui metode ROSE.

Yona Desmi., Nor Rohmawati (2019). Faktor yang mempengauhi WUS dalam deteksi dini kanker Serviks metode IVA.

Downloads

Published

2021-02-15