Profil Artikel Ilmiah Guru Sekolah Muhammadiyah dalam Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Malang

Authors

  • Arif Setiawan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Gigit Mujianto 12Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ahsanul In'am Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

pelatihan dan pendampingan, artikel ilmiah, guru Sekolah Muhammadiyah

Abstract

Kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kemampuan menulis artikel ilmiah dari hasil kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan laporan kegiatan Lesson Study (LS). Pada kenyataannya sebagian besar guru masih mengalami kesulitan dalam menulis karya ilmiah, termasuk guru pada Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan yang terdiri dari enam kegiatan yang meliputi (1) sharing permasalahan, (2) ekspositori konsep, (3) pelatihan penulisan artikel, (4) pendampingan proses penulisan artikel, (5) evaluasi kegiatan, dan (6) kegiatan publikasi artikel di jurnal SAINTIFIK milik Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang. 20 artikel ilmiah yang telah dihasilkan masih belum menggambarkan artikel ilmiah hasil penelitian, namun lebih mirip dengan artikel hasil pemikiran. Berdasarkan penilaian Tim pengabdian menujukkan bahwa semua artikel yang telah dihasilkan masih belum terlihat jelas pada bagian hasil dan pembahasan.

References

Arta, K. S. (2019). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Paper presented at the Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, Bali

Chairunnisa, C. (2016). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di Sekolah Menengah Kejuruan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 105-114. doi: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/777

Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249-266. doi: https://doi.org/10.21009/JPMM.001.2.07

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70-81. doi: https://doi.org/10.30653/002.201611.10

Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39-46.

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47-53. doi: 10.30595/jppm.v3i1.3128

Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 273-278. doi: 10.30595/jppm.v2i2.2589

Martati, B., & Setyorini, A. (2019). Pelatihan Penulisan Cerita Pendek Berbasis Multikulturalisme untuk Guru-Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah di Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 3(1), 1-6. doi: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.320

Rahmatullah, R., & Inanna, I. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1), 19-25. doi: http://dx.doi.org/10.31850/jdm.v3i1.448

Susantini, E., Rahayu, Y. S., Budiono, D., & Raharjo, R. (2016). Profil Artikel Ilmiah Buatan Guru pada Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru di SMP Lab School Surabaya. Jurnal Abdi: Media pengabdian kepada masyarakat, 1(1), 1-7. doi: http://dx.doi.org/10.26740/ja.v1n1.p1-7

Downloads

Published

2021-02-15