Peningkatan Literasi Keuangan pada Anak di Madrasah Diniyah Nurriyatul Ulum Desa Pedak Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang Jawa Tengah

Authors

  • Damayanti Damayanti Program Studi Manajemen, STIE YPPI, Rembang
  • Rikah Rikah Program Studi Akuntansi, STIE YPPI, Rembang

Keywords:

literasi keuangan, anak, pembelajaran dan pendampingan

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan anak khususnya siswa Madrasah Diniyah Nurriyatul Ulum Desa Pedak Kecamatan Sulang. Permasalahan yang dihadapi oleh Madrasah Diniyah Nurriyatul Ulum Desa Pedak yaitu 1). Rendahnya pengetahuan siswa tentang pengelompokan dan pembuatan keputusan prioritas kebutuhan dan pembelanjaan, 2). Rendahnya pengetahuan siswa tentang mata uang dan penggunaannya, 3). Rendahnya pengetahuan siswa tentang konsep menabung dan perbankan, 4). Rendahnya pengetahuan siswa tentang konsep investasi. Pemecahan masalah yang dilakukan dan sudah disepakati dengan mitra adalah: pembelajaran tentang literasi keuangan dan pendampingan kepada siswa dalam memahami literasi keuangan. Sasaran kegiatan ini adalah siswa kelas 5 Madrasah Diniyah Nurriyatul Ulum Desa Pedak Kecamatan Sulang. Luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah 1). Anak mempunyai pengetahuan tentang pengelompokan dan pembuatan keputusan prioritas kebutuhan dan pembelanjaan, 2). Anak mempunyai pengetahuan tentang mata uang dan penggunaannya, 3). Anak mempunyai pengetahuan tentang konsep menabung dan perbankan, 4). Anak mempunyai pengetahuan tentang konsep investasi.

References

Aryani, Dewi. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Di Tk Khalifah Purwokerto. YIN YANG. Vol. 13 No. 2.

Asnawi, Meinarni., Matani, Cornelia. D. dan Patma, Kurniawan. (2019). Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi Di Buper. The Community Engagement Journal. Volume 2, Nomor 1, Januari-Mei: 01–08.

Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Killiyani, A. L., dan Sivaraman, S. (2016). The Perception Reality Gap in Financial Literacy: Evidence from The Most Literate State in India. International Review of Economics Education, 23, 47-64.

Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. The Journal of Consumer Affairs, 44 (2), 276.

Downloads

Published

2021-02-15