Pelatihan Instalasi Listrik Tenaga Surya bagi Takmir Mushollah Al Furqon Ngijo Karangploso

Authors

  • Moechammad Sarosa Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang
  • Aisah Aisah Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang
  • Mila Kusumawardhani Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang
  • Putri Elfa Mas'udia Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang
  • Moh. Abdullah Anshori Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang

Keywords:

energi panel surya, lampu penerangan, PLN, mushollah, pemadaman listrik

Abstract

Setiap umat beragama memiliki tempat berkumpul yang digunakan untuk melaksanakan ibadah secara bersama-sama. Salah satu contoh tempat beribadah umat Islam adalah Mushollah. Tempat ini selain digunakan untuk melaksanakan sholat lima waktu juga digunakan untuk kegiatan keagamaan, seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra’ Mi’raj, Halal bi Halal dan lain-lain. Padatnya kegiatan di Mushollah menjadikan ketergantungan akan energi listrik semakin tinggi karena semua kegiatan tersebut selalu menggunakan energi listrik seperti untuk penerangan, sound system, pendingin ruangan dll. Pentingnya energi listrik, mengakibatkan gangguan yang cukup berarti apabila terjadi pemadaman oleh PLN. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat kali ini mengambil kegiatan pelatihan instalasi listrik tenaga surya bagi Takmir Mushollah Al Furqon Ngijo Karangploso. Selain mengadakan kegiatan pelatihan, pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan berupa: seperangkat Sumber Energi Panel Surya meliputi modul panel surya, modul MPPT, accu, kabel dan lampu DC (LED) serta sebuah almari penyimpanan perangkat audio dan peralatan mushollah. Dengan menggunakan saklar cahaya otomatis maka lampu-lampu yang terpasang secara otomatis akan menyala di saat hari mulai gelap dan padam jika hari mulai terang. Jamaah Jamaah Mushollah Al Furqon menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Politeknik Negeri Malang yang telah memberikan bantuan  satu set perangkat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), semoga kerjasama yang sudah terjalin tidak berhenti sampai disini dan dikemudian hari dapat terlaksana kegiatan pengabdian dengan program-program yang lain.

References

Juningtyastuti, J., Warsito., A., & Hadisusanto, F. (2012). Optimisasi Kinerja Pencahayaan Buatan Untuk Efisiensi Pemakaian Energi Listrik Pada Ruangan Dengan Metode Algoritma Genetika. Jurnal Momentum, 13(2)., 40-49.

Kholifah, A. R., Sarosa, K. I. A., Fitriana, R., Rochmawati, I., & Sarosa, M. (2019). Drip Irrigation System Based on Internet of Things (IoT) using Solar Panel Energy. 2019 Fourth International Conference on Informatics and Computing (ICIC)-IEEE (pp. 1-6).

Kumara, N. (2010). Pembangkit listrik tenaga surya skala rumah tangga urban dan ketersediaannya di Indonesia. Teknologi Elektro, 9(1), 68-75.

Kurniawan, S. (2014). Masjid dalam lintasan sejarah umat islam. Jurnal Khatulistiwa, 4(2),, 169-184.

Rahayu, S., Junaedi, D., & Umayah, U. (2019). PENGARUH PEMBACAAN SURAT YASIN FADILAH TERHADAP PERILAKU

MASYARAKAT: Studi Living Quran di Yayasan PATWA Kabupaten Cirebon. Diya Al-Afkar:. Jurnal Studi al-Quran dan al-Hadis, 7(2)., 267-280.

Ramadhan, A., Diniardi, E., & Mukti, S. (2016). Analisis desain sistem pembangkit listrik tenaga surya kapasitas 50 WP. Jurnal Teknik, 37(2), 59-63.

Susanto, R., & Kustianing, U. (2019). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Di Sekolah: Studi di SMPN 3 Malang. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 2(1)., 77-89.

Utami, S. (2017). Implementasi Algoritma Perturb and Observe untuk Mengoptimasi Daya Keluaran Solar Cell Menggunakan MPPT di Laboratorium Energi Baru Terbarukan. Jurnal Infotel, 9(1), 92-99.

Winarno, I., & Natasari, L. (1-2 November 2017). Maximum Power Point Tracker (Mppt) Berdasarkan Metode Perturb and Observe Dengan Sistem Tracking Panel Surya Single Axis. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2017 (pp. 1-9). Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Downloads

Published

2021-02-15