Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Untuk Mendukung Layanan Pendidikan Daring

Authors

  • Samsudin Salim Program Studi Tarbiyah FAI Unissula
  • Khoirul Anwar Program Studi Tarbiyah FAI Unissula
  • Anis Tyas Kuncoro Program Studi Tarbiyah FAI Unissula

Keywords:

Pemanfaatan, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Daring

Abstract

Permasalahan yang dihadapi para guru dalam memberikan pembelajaran daring sejalan dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan, dan Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 adalah rendahnya penguasaan teknologi edukasi dan kesulitan menggunakan ragam aplikasi berbasis teknologi komputer dan gadget. Sebagai agen pembelajaran, guru dituntut untuk kreatif dalam menyiapkan perangkat pembelajaran daring. Selain itu guru juga dituntut untuk dinamis dan mampu menciptakan suasana interaktif serta menyajikan bahan ajar yang menarik untuk dieksplore peserta didik. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan ketrampilan para guru dalam memanfaatkan teknologi edukasi dalam pembelajaran jarak jauh. Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk workshop yang diikuti 25 guru SD Islam Plus Tunas Bangsa Banjernegara diawali dengan melakukan analisis kebutuhan dan ditindaklanjuti melalui pengenalan ragam teknologi edukasi, simulasi dan mempraktikkan panduan tutorial pemanfaatan teknologi pendidikan yang telah disusun. Hasil kegiatan yang dicapai adalah para guru mampu memanfaatkan, menguasai, dan mempraktikkan teknologi edukasi berbasis komputer dan gadget sebagai media pembelajaran jarak jauh.

References

Anis, Uwes Chaeruman, (2020). Ruang Belajar Baru Dan Implikasi Terhadap Pembelajaran Di Era Tatanan Baru, K- JTP: Vol. 08, No.01/Juli 2020/hal: 142 – 153.

Arianto, S., Hadi, S., Dewi., S , Safitri, S, (2020). Model Penerimaan Dan Pemanfaatan Teknologi: E-Learning Di Perguruan Tinggi, Jurnal Teknologi Pendidikan, K- JTP: Vol. 08, No.01/Juli 2020/hal: 110 – 121.

Darmawan, Deni. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Gerlach, V.G. dan Elly, D.P. (1980). Teaching and Media: A Systemic Approach. New Jersey Englewood Cliffs: Prentise-Hall.

Hamalik, Oemar. 1989. Metodologi Pengajaran Ilmu Pendidikan. Bandung : Mandar Maju.

Kristanto, Andi, (2016), Aplikasi Teknologi Pendidikan di Sekolah, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.4 No.1, April 2016 (13-16)

Mulyanta dan Marlon Leong . 2011. Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta:Gaung Persada (GP) Press.

Prihatiningtyas, Chaula. (2011). Pembelajaran Berbasis Komputer. Jawa Timur : Kementerian Agama.

Prowidilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. (2004). Mozaik Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta ( UNJ ). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Rina, WR., Abidin ZA., Herawati, (2020). Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kinerja Guru Ra Sakinah Kota Bogor Melalui Diklat Dasar PAUD, Jurnal Teknologi Pendidikan | Vol. 9 No. 2 | 2020

Salikin, Hairus, (2011). Profesionalitas Guru Dan Pembelajaran Kontekstual, Jurnal Pengembangan Pendidikan, Vol. 8, No. 1, hal 257-271, Juni 2011

Sugiyono, (2001). Metode Penelitian, Bandung: CV Alfa Beta.

Suhayati, E., Rosyid, N., (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Simulasi, Jurnal Teknologi Pendidikan Oktober 2020: Vol. 5. No. 2

Tabi’in, As’adut, (2016). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu, Jurnal Al-Thariqah Vol. 1, No. 2, Desember 2016

Downloads

Published

2021-02-15