Pendampingan Rencana Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Olahan Usaha Mikro di Guyub Rukun PPA Shikar Malang

Authors

  • Widjojo Suprapto Universitas Kristen Petra
  • Sesilya Kempa
  • Noni Kezia Marchyta
  • Katherina Mevilia Tan

Keywords:

Kemasan, Kualitas produk, Harga, Pameran, Manajemen pemasaran

Abstract

Pusat Pengembangan Anak (PPA) merupakan sebuah organisasi yang bertujuan untuk melepaskan anak dari kemiskinan melalui berbagai program tumbuh kembang anak. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, PPA Shikar Malang merangkul keluarga dan orang tua untuk mengentaskan sumber kemiskinan secara holistik dengan membantu pengembangan keterampilan kewirausahaan, yang berperan sebagai mobilisasi sumber daya lokal, dan menciptakan komunitas usaha mikro sebagai sarana memperkuat pola pikir bisnis dan memperluas wawasan. pengetahuan dan pengalaman bisnis. Bersama Universitas Kristen Petra, PPA Shikar Malang menginisiasi sistem pendukung bagi orang tua untuk mengembangkan usaha kecilnya melalui Kelompok Swadaya Masyarakat Guyub Rukun. Berdasarkan kunjungan dan observasi lapangan, diketahui bahwa usaha mikro di Guyub Rukun kurang memiliki daya tarik produk dan kemasan untuk ekspansi ke segmen pasar yang lebih luas. Selain itu, banyak pemilik usaha yang masih memanfaatkan jaringan tradisional untuk mempromosikan produknya, sehingga menyebabkan segmen pasar tersebut menjadi sangat terbatas. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan usaha mikro ini dirancang dengan tujuan untuk membuat rencana pemasaran yang tepat, sehingga setiap usaha mikro dapat melakukan terobosan untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan dengan menjangkau segmen pasar yang lebih luas di luar lingkungannya. Kerja sama pengabdian masyarakat antara UKP dan PPA Shikar ini fokus pada pembenahan aspek manajemen pemasaran dan melakukan pendampingan pembuatan rencana pemasaran mereka yang meliputi kualitas produk, desain pengemasan, penetapan harga, promosi, dan proses produksi.

References

Octavianus, V. & Suprapto, W. (2020). Pengaruh brand image dan online store image terhadap purchase intention melalui perceived risk pada produk sneakers Adidas. Agora, 8(2).

Palumian, Y., Tanur, L. O., Widjaya, E. V., & Sahetapy, W. L. (2023, August). Mobile Learning among Indonesia Gen Z: The Role of Digital Literacy, Information Literacy and Expectancy. In Proceedings of the 2023 11th International Conference on Computer and Communications Management (pp. 241-247).

Purnama, G. & Suprapto, W. (2022). Shopping enjoyment, in-store browsing, and impulse buying on sport shoes among the Generation Y. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2). 140-147.

Suprapto, W., Hartono, K., & Bendjeroua, H. (2020). Social media advertising and consumer perception on purchase intention. In SHS Web of Conferences (Vol. 76, p. 01055). EDP Sciences.

Suprapto, W., Stefany, S., & Ali, S. (2020). Service quality, store image, price consciousness, and repurchase intention on mobile home service. In SHS Web of Conferences (Vol. 76, p. 01056). EDP Sciences.

Yufron, A., Andari, B., & Pratama, A. E. (2022, September). Sosialisasi Upaya Peningkatan Produktivitas Penjualan Produk UMKM Geti Setelah Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Ma Chung (Vol. 2, pp. 191-196).

Downloads

Published

2023-12-20